Israel Jatuhkan Bom di Kedutaan Iran di Damaskus, 7 Orang Tewas

Hari Widowati
2 April 2024, 06:41
Pesawat-pesawat tempur yang diduga milik Israel mengebom kedutaan besar Iran di Damaskus, Suriah, pada Senin (1/4).
Youtube CBC News
Pesawat-pesawat tempur yang diduga milik Israel mengebom kedutaan besar Iran di Damaskus, Suriah, pada Senin (1/4).
Button AI Summarize

Pesawat-pesawat tempur yang diduga milik Israel mengebom kedutaan besar Iran di Damaskus, Suriah, pada Senin (1/4). Ini merupakan sebuah eskalasi yang nyata dalam perang yang menghadapkan Israel dengan musuh-musuh regionalnya.

Iran mengatakan bahwa serangan tersebut menewaskan tujuh penasihat militer, termasuk tiga komandan senior.

Wartawan Reuters yang berada di lokasi di distrik Mezzeh, Damaskus, melihat para petugas penyelamat memanjat reruntuhan bangunan yang hancur di dalam kompleks diplomatik yang bersebelahan dengan gedung utama kedutaan. Kendaraan-kendaraan tim penyelamat diparkir di luar. Sebuah bendera Iran tergantung di sebuah tiang di dekat reruntuhan.

Menteri Luar Negeri dan Menteri Dalam Negeri Suriah terlihat berada di lokasi kejadian. "Kami mengutuk keras serangan teroris yang mengerikan ini yang menargetkan gedung konsulat Iran di Damaskus dan menewaskan sejumlah orang tak berdosa," ujar Faisal Mekdad, Menteri Luar Negeri Suriah, seperti dikutip Reuters.

Israel telah lama menargetkan instalasi militer Iran di Suriah dan proksi-proksi Iran. Israel telah meningkatkan serangan-serangan tersebut secara paralel dengan kampanyenya terhadap Hamas, kelompok Palestina yang didukung Iran, di Jalur Gaza.

Sejak perang Gaza dipicu oleh serangan Hamas terhadap Israel selatan pada 7 Oktober, militer Israel telah meningkatkan serangan udara di Suriah terhadap Korps Garda Revolusi Islam Iran dan kelompok bersenjata Hizbullah Lebanon yang didukung oleh Iran. Keduanya mendukung pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Serangan tersebut adalah pertama kalinya Israel menyerang kompleks kedutaan yang luas. Israel biasanya tidak membahas serangan yang dilakukan oleh pasukannya di Suriah. Ketika ditanya mengenai serangan tersebut, seorang juru bicara militer Israel mengatakan: "Kami tidak mengomentari laporan-laporan di media asing".

Iran Akan Membalas Serangan Israel

Hossein Akbari, Duta Besar Iran untuk Suriah, yang selamat dari serangan tersebut, mengatakan kepada TV pemerintah Iran bahwa lima sampai tujuh orang, termasuk para diplomat, terbunuh. Teheran akan memberikan respons keras terhadap serangan itu.

Garda Revolusi Iran mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tujuh penasihat militer tewas dalam serangan tersebut. Salah satunya adalah Mohammad Reza Zahedi, seorang komandan senior di Pasukan Quds IRGC, yang merupakan pasukan elit spionase asing dan paramiliter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...