Gempa Taiwan Terbesar dalam 25 Tahun, Bagaimana Nasib 280 Ribu WNI?

Happy Fajrian
3 April 2024, 22:00
Gedung miring di Taiwan usai diguncang gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo.
Antara
Gedung miring di Taiwan usai diguncang gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo.
Button AI Summarize

Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala magnitudo mengguncang Taiwan pada Rabu (3/4) pagi. Menurut data United States Geological Survey (USGS) ini menjadi gempa terkuat yang mengguncang Taiwan dalam 25 tahun terakhir.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 15,5 km pukul 08.00 waktu setempat, tepat ketika orang-orang sedang berangkat kerja dan sekolah. Gempa memicu peringatan tsunami untuk Jepang bagian selatan dan Filipina yang tak lama kemudian dicabut.

Otoritas setempat melaporkan sembilan orang tewas akibat gempat tersebut. Tujuh orang di antaranya merupakan warga Taiwan, dan dua lainnya belum diketahui kewarganegaraannya.

Gempa juga melukai lebih dari 900 orang, dan 50 orang dinyatakan hilang. Adapun 50 orang yang hilang merupakan pekerja yang bepergian dengan minibus ke sebuah hotel di taman nasional Ngarai Taroko.

Pemadam kebakaran mengatakan telah mengevakuasi sekitar 70 orang yang terjebak di terowongan dekat kota Hualien, termasuk di antaranya 2 warga Jerman. Sebanyak 80 orang lainnya terjebak di area pertambangan meski belum diketahui apakah mereka berada di dalam tambang.

Nasib Lebih 280 Ribu WNI di Taiwan

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei terus berkoordinasi dengan otoritas Taiwan untuk memantau kondisi warga negara Indonesia (WNI) di sana pasca-gempa yang terasa hingga ke Okinawa, Jepang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...