Mesir Fasilitasi Perundingan Gencatan Senjata di Gaza

Safrezi Fitra
7 April 2024, 09:39
Mesir Fasilitasi Perundingan Gencatan Senjata di Gaza
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.
Button AI Summarize

Mesir memfasilitasi perundingan gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza. Ini merupakan upaya terbaru untuk menghentikan perang antara tentara Israel dan kelompok perlawanan Palestina yang telah berlangsung selama 6 bulan di Gaza.

Al-Qahera News melaporkan sumber tingkat tinggi Mesir yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan informasi terkait perundingan gencatan senjata ini. Meski begitu, belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh otoritas Mesir.

Sumber tersebut menambahkan bahwa Direktur CIA AS William J Burns, Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman, serta delegasi Israel juga berpartisipasi dalam perundingan tersebut.

Delegasi senior dari kelompok Hamas yang berbasis di Gaza juga diperkirakan tiba di Kairo pada Minggu. Delegasi Hamas yang akan dipimpin Khalil al-Hayya ini hadir memenuhi undangan Mesir guna mendiskusikan perkembangan terkait gencatan senjata di Gaza.

"Hamas menegaskan kembali komitmennya terhadap posisinya yang ditetapkan pada 14 Maret, dan tuntutannya untuk mengakhiri agresi Israel," kata perwakilan Hamas.

Tuntutan Hamas itu termasuk, gencatan senjata total, penarikan pasukan Israel dari Jalur Gaza, mengembalikan para pengungsi ke rumah mereka, pergerakan bebas warga Gaza, dan membebaskan masuknya bantuan kemanusiaan ke daerah kantong tersebut. Hamas juga meminta adanya kesepakatan pertukaran tahanan dengan Israel. Seperti diketahui, terdapat 130 sandera Israel yang ditahan oleh Hamas.

Jumat lalu, pejabat pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Presiden Joe Biden telah mengirim dua surat khusus kepada Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan Emir Qatar Tamim bin Hamad Al-Thani beberapa waku lalu. Surat ini terkait dengan dorongan AS untuk percepatan negosiasi gencatan senjata.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...