Arab Saudi dan UEA Tetapkan Idulfitri Jatuh pada 10 April 2024

Hari Widowati
9 April 2024, 05:00
Kerajaan Arab Saudi menetapkan Idulfitri 1445 H akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Kerajaan Arab Saudi menetapkan Idulfitri 1445 H akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.
Button AI Summarize

Kerajaan Arab Saudi mengumumkan hari ini (Selasa, 9/4) akan menjadi hari terakhir bulan Ramadan. Dewan Fatwa mengonfirmasi bahwa Rabu, 10 April adalah hari pertama bulan Syawal yang menandai hari pertama Idulfitri karena bulan tidak terlihat setelah salat magrib pada Senin (8/4).

Melansir Gulfbusiness.com, Mahkamah Agung Arab Saudi telah meminta umat Islam di seluruh negeri untuk melihat bulan sabit pada hari ke-29 Ramadan untuk menetapkan awal bulan baru.

Uni Emirat Arab (UEA) juga mengonfirmasi bahwa Ramadan akan berlangsung selama 30 hari dan berakhir pada hari ini.

Idulfitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh 1,8 miliar muslim di seluruh dunia. Setelah sebulan berpuasa, Idulfitri kerap disebut sebagai hari kemenangan bagi umat Islam.

Arab Saudi telah menetapkan hari libur untuk pekerja di sektor publik maupun swasta selama lima hari mulai 9 April. Sejumlah agenda besar, seperti konser, pertunjukan lampu, dan kembang api akan bisa disaksikan di Arab Saudi dalam rangkaian perayaan Idulfitri 1445 Hijriyah.

Al Arabiya melaporkan, UEA juga mengumumkan libur Idulfitri untuk pekerja swasta pada 8-12 April 2024. Sementara itu, pekerja di sektor pemerintahan akan mendapatkan libur yang lebih panjang, yakni pada 8-14 April 2024.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...