Penikaman Massal di Sydney Tewaskan 6 Orang, Kemlu: Tak Ada Korban WNI

Syahrizal Sidik
13 April 2024, 20:43
Ilustrasi penusukan
Antara
Ilustrasi penusukan
Button AI Summarize

Enam orang tewas dalam insiden penusukan di pusat perbelanjaan Westfield Bondi Junction di timur Sydney, Australia pada Sabtu sore ini (13/4). 

Mengutip ABC News, pelaku penikaman itu pria berusia 40 tahun yang kemudian ditembak mati di tempat kejadian oleh petugas polisi senior. Enam korban tewas terdiri dari empat perempuan dan seorang laki-laki meninggal di tempat. Seorang perempuan lainnya meninggal setelah menjalani perawatan di rumah sakit.

Delapan orang lain mengalami luka-luka, termasuk seorang anak berusia sembilan bulan masih dirawat di rumah sakit dan beberapa dalam kondisi kritis.

Komisioner Polisi NSW, Karen Webb, menyebut polisi belum mengetahui secara jelas motif penikaman tersebut. Tapi, indikasi awal menunjukkan serangan itu tidak terkait dengan terorisme. "Tidak ada indikasi bahwa seseorang menjadi target tetapi hal itu bisa berubah," katanya.

Polisi mengatakan pria itu berada di pusat perbelanjaan sekitar pukul 15.00 sebelum pergi dan kemudian kembali sekitar 20 menit dengan pisau dan melakukan penyerangan. Seorang inspektur polisi, yang berada di dekatnya kemudian menembak mati setelah pelaku berusaha menyerangnya.

"Dia menghadapi pelaku, yang pada saat itu sudah berpindah ke lantai lima, saat dia terus berjalan cepat di belakangnya untuk mengejarnya. Dia berbalik menghadapinya, mengangkat pisau," kata Asisten Komisioner Cooke.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...