Iran Luncurkan Puluhan Drone dan Rudal, Serang Israel

Safrezi Fitra
14 April 2024, 09:51
Iran Luncurkan Puluhan Drone dan Rudal, Serang Israel, PBB Mengutuk Serangan Iran ke Israel
ANTARA FOTO/REUTERS
Ilustrasi serangan drone
Button AI Summarize

Iran telah meluncurkan puluhan serangan drone ke wilayah Israel. Serangan ini terjadi setelah pernyataan Iran yang akan membalas serangan yang terjadi di fasilitas diplomatiknya di Ibu Kota Suriah, Damaskus pada 1 April lalu.

Anadolu melaporkan Iran telah mengonfirmasi serangan tersebut. Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) menyatakan bahwa militer menembakkan puluhan drone dan rudal ke arah Israel sebagai tanggapan atas banyak kejahatan yang dilakukan Israel, termasuk serangan pekan lalu terhadap bagian konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus.

Juru bicara militer Daniel Hagari mengatakan serangan Iran ke Israel menandai peningkatan perang yang telah berlangsung lama antara musuh-musuh regional tersebut.

Menurutnya, serangan pesawat nirawak dari Iran membutuhkan waktu beberapa jam untuk bisa sampai ke Israel. Makanya, Israel mampu menghalau serangan tersebut sebelum masuk ke wilayahnya.

"Kami bekerja sama erat dengan Amerika Serikat dan mitra kami di kawasan untuk bertindak melawan peluncuran tersebut dan mencegatnya," kata Hagari seperti dilansir AFP, Minggu (14/4).

Menurut media Israel, Channel 12, setidaknya 100 serangan yang diluncurkan Iran ke Israel. Serangan ini tidak semuanya dilakukan langsung dari Iran, beberapa serangan diluncurkan dari Suriah dan Yordania.

Sebelumnya, Iran memang telah mengancam akan menyerang Israel. Ini dilakukan sebagai balasan atas serangan yang dituding dilakukan Israel terhadap konsulat Iran di Suriah pada 1 April lalu. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk dua jenderal penting. Menurut Iran, serangan tersebut merupakan pelanggaran hukum internasional dan Konvensi Wina.

Israel memang telah beberapa kali melakukan sejumlah serangan terhadap sasaran Iran di Suriah dalam beberapa bulan terakhir. Namun, untuk serangan kali ini, Israel belum secara resmi mengaku bertanggung jawab.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...