Dewan Keamanan PBB Lakukan Pertemuan, Bahas Serangan Iran ke Israel

Mela Syaharani
14 April 2024, 11:16
Dewan Keamanan PBB Lakukan Pertemuan, Bahas Serangan Iran ke Israel
UN Photo/Evan Schneider
Ilustrasi pertemuan Dewan Keamanan PBB
Button AI Summarize

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mengadakan pertemuan pada hari Minggu (14/4). Pertemuan ini direncanakan setelah Israel meminta dewan untuk mengutuk serangan Iran ke Israel dan menetapkan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) sebagai organisasi teroris.

Reuters melaporkan pertemuan tersebut akan berlangsung pada pukul 16.00 ET (2000 GMT), menurut jadwal yang dirilis pada hari Sabtu (13/4).

Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, meminta dewan untuk mengadakan pertemuan darurat dalam sebuah surat pada hari Sabtu kepada presiden dewan. Surat tersebut diunggah oleh Erdan melalui akun X miliknya pada Minggu (14/4) pukul 7.44 WIB.

"Serangan Iran merupakan ancaman serius bagi perdamaian dan keamanan global dan saya berharap Dewan menggunakan segala cara untuk mengambil tindakan nyata terhadap Iran," tulis Erdan dalam sebuah postingan di X.

Tidak hanya itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari ini juga sedang berkomunikasi dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terkait serangan ini.

“Perdana Menteri Benjamin Netanyahu saat ini sedang berbicara dengan Presiden AS Joe Biden, menyusul pembahasan kabinet keamanan (security cabinet) dan kabinet perang (war cabinet),” tulis akun resmi @IsraeliPM pada Minggu (14/4) pukul 8.41 WIB.

Sebagai informasi, Iran telah meluncurkan puluhan serangan drone ke wilayah Israel. Serangan ini terjadi setelah pernyataan Iran yang akan membalas serangan yang terjadi di fasilitas diplomatiknya di Ibu Kota Suriah, Damaskus pada 1 April lalu. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...