Serangan Udara Israel Tewaskan 40 Orang Palestina di Gaza

Andi M. Arief
30 April 2024, 09:04
serangan udara, israel, palestina, perang israel-palestina
ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa/HP/dj
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Serangan udara Israel menewaskan puluhan warga Palestina pada Senin (29/4) ketika para pemimpin Hamas mengunjungi Kairo untuk putaran baru perundingan gencatan senjata. Serangan terjadi di kota Rafah di Gaza selatan yang menjadi tempat perlindungan bagi setengah dari 2,3 juta penduduk Gaza.

Mengutip Reuters, beberapa jam setelah serangan di Rafah, televisi yang berafiliasi dengan pemerintah Mesir mengatakan delegasi Hamas meninggalkan Kairo menuju Doha dan akan kembali pada waktu yang tidak ditentukan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendesak Hamas untuk sebagai proposal Israel yang mereka sebut “sangat murah hati” untuk melakukan gencatan senjata dalam perang Gaza dan membebaskan sandera Israel yang ditahan mereka. 

Presiden AS Joe Biden dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi berbicara melalui telepon untuk membahas perkembangan negosiasi mengenai gencatan senjata di Gaza dan bahaya eskalasi militer.

Menurut Pejabat Palesina, Bom menghantam tiga rumah di Rafah pada Senin (29/4) dan bagian utara Jalur Gaza. Pesawat-pesawat tempur Israel menyerang dua rumah, menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai beberapa lainnya.

Saat malam tiba, serangan udara Israel terhadap sebuah rumah di kamp pengungsi Al-Nuseirat di Gaza tengah menewaskan tiga warga Palestina, termasuk seorang jurnalis, petugas medis, dan media Hamas. Enam orang lainnya tewas di wilayah tengah Gaza lainnya dalam serangan udara Israel yang terpisah, tambah mereka.

Militer Israel mengatakan dua tentara tewas di Gaza tengah pada Minggu (28/4) Sayap bersenjata Jihad Islam yang bersekutu dengan Hamas mengatakan pihaknya menembakkan roket ke Israel pada Senin (29/4). Ini menandakan kelompok tersebut masih mampu melancarkan serangan roket setelah hampir tujuh bulan serangan udara dan darat Israel.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...