Turki Setop Ekspor, Bolivia dan Kolombia Putus Hubungan dengan Israel

Desy Setyowati
3 Mei 2024, 07:20
turki, bolivia, kolombia, israel,
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam konferensi pers KTT G20 di Media Center, BICC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).
Button AI Summarize

Turki menyetop ekspor dan impor ke dan dari Israel. Bolivia dan Kolombia memutus hubungan diplomatik dengan Israel.

“Transaksi ekspor dan impor terkait Israel telah dihentikan, mencakup semua produk,” kata Kementerian Perdagangan Turki dalam pernyataan pers, dikutip dari Aljazeera, Kamis (2/5).

“Turki akan secara ketat dan tegas menerapkan langkah-langkah baru ini sampai Pemerintah Israel mengizinkan aliran bantuan kemanusiaan yang cukup dan tidak terputus ke Gaza,” kementerian menambahkan.

Kebijakan tersebut diumumkan setelah Menteri Luar Negeri Israel mengatakan bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melanggar perjanjian dengan memblokir pelabuhan untuk menangani impor dan ekspor Israel.

“Beginilah perilaku seorang diktator, mengabaikan kepentingan rakyat dan pengusaha Turki, serta mengabaikan perjanjian perdagangan internasional,” kata Israel Katz dalam unggahan di X.

Turki bulan lalu memberlakukan pembatasan perdagangan terhadap Israel karena menolak untuk mengizinkan Ankara mengambil bagian dalam pengiriman bantuan melalui udara untuk Gaza.

Bolivia dan Kolombia Putus Hubungan dengan Israel

Bolivia dan Kolombia memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel. Langkah ini sebagai respons terhadap Israel yang terus menerus melakukan serangan ke Jalur Gaza sejak Oktober 2023.

Presiden Kolombia Gustavo Petro mengkritik Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menurut dia melakukan genosida lewat sejumlah serangan militer di Jalur Gaza.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...