Penyebab Vaksin Astrazeneca Ditarik Menyita Perhatian, ini Alasannya

Anggi Mardiana
8 Mei 2024, 15:09
Penyebab Vaksin AstraZeneca Ditarik
Unsplash
Ilustrasi, vaksin.
Button AI Summarize

Penyebab vaksin AstraZeneca ditarik memicu pertanyaan publik. Vaksin Covid-19 Astrazeneca yang tersebar di seluruh dunia ditarik oleh Perusahaan farmasi Inggris-Swedia, Selasa (7/5/2024). Pihak perusahaan mengakui ada efek samping langka, hal ini tercatat dalam dokumen Pengadilan Tinggi di Inggris.

Ada sejumlah dokumen pengadilan dalam kasus gugatan perwakilan kelompok (class action) yang dilayangkan oleh 51 korban di Inggris. Sejumlah penggugat mengklaim, mereka telah kehilangan keluarga, dan kerabat karenaefek vaksin AstraZeneca. Dalam kasus lain, vaksis Astrazeneca dianggap menimbulkan cedera serius.

Penyebab Vaksin Astrazeneca Ditarik

DKI JAKARTA MULAI GUNAKAN VAKSIN ASTRAZENECA
Penyebab Vaksin AstraZeneca Ditarik (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.)

Produsen obat yang berbasis di Anglo-Swedia telah mengakui dalam dokumen pengadilan bahwa vaksin tersebut menyebabkan efek samping langka, seperti trombosit darah rendah, dan pembekuan darah. Penarikan vaksin Covid-19 dilakukan di Inggris, dan sejumlah negara yang telah menyetujui penggunaannya.

Mengutip The Telegraph, perusahaan diminta untuk menarik vaksin AstraZeneca pada 5 Maret 2024, dan mulai berlaku 7 Mei 2024. Sebelumnya, pihak perusahaan telah mencabut izin edar vaksin buatannya secara sukarela.

Pencabutan izin edar vaksin Covid-19 AstraZeneca menandakan bahwa vaksin tersebut sudah tidak digunakan di Uni Eropa. Pemerintah Inggris sudah menghentikan penggunaan AstraZeneca pada musim gugur, tahun 2021. Sebanyak 50 juta dosis di Inggris telah diganti oleh Moderna, dan Pfizer.

Penyebab vaksin AstraZeneca ditarik telah menyebar luas, dan sampai kepada masyarakat. Perusahaan AstraZeneca yang terdaftar di Bursa Efek London pun mulai beralih ke vaksin pernapasan, dan obat obesitas melalui beberapa kesepakatan, setelah perlambatan pertumbuhan karena penurunan penjualan obat Covid-19.

AstraZeneca Mengakui Efek Samping Langka TTS

AstraZeneca mengakui bahwa vaksin Covid-19 buatannya menimbulkan efek samping langka, berupa trombosis dengan trombositopenia, atau trombosis with thrombocytopenia syndrome (TTS). Hal ini termuat dalam dokumen yang di berikan ke Pengadilan Tinggi di London, Inggris pada Februari, 2024.
TTS, atau sindrom trombosis dengan trombositopenia merupakan masalah kesehatan yang menyebabkan penderita mengalami trombosit rendah, dan pembukaan darah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...