Empat Presiden AS jadi Korban Pembunuhan, Ada Nama Lincoln dan Kennedy

Ameidyo Daud Nasution
14 Juli 2024, 18:48
Presiden ke-35 Amerika Serikat John F Kennedy. Foto: The White House.
The White House
Presiden ke-35 Amerika Serikat John F Kennedy. Foto: The White House.
Button AI Summarize

Percobaan pembunuhan kepada Donald Trump membangkitkan luka lama warga Amerika Serikat. Ini karena beberapa kali beberapa kali percobaan pembunuhan Presiden terjadi di Negeri Abang Sam itu.

Tak hanya itu, empat Presiden AS meninggal karena dibunuh. Salah satunya adalah John Fitzgerald Kennedy yang dibunuh pada 1963 silam.

Hal ini disampaikan kandidat presiden independen AS yang juga keponakan John F Kennedy yakni Robert F. Kennedy Jr. Ia berharap seluruh masyarakat bersatu mengutuk serangan tersebut.

“Saat paman saya dibunuh pada tahun 1963, terjadi perpecahan seperti ini,” kata Robert F Kennedy Jr dikutip dari CNN pada Minggu (14/7).

Tak hanya JFK, panggilan John F Kennedy, nama lain yang terbunuh saat memimpin Amerika Serikat adalah Abraham Lincoln. Berikut daftar Presiden AS yang menjadi korban pembunuhan:

John F Kennedy

John F Kennedy dibunuh pada 22 November 1963 di Dallas, Texas. Ia ditembak di punggung dan kepala saat riring-iringan mobil kepresidenan melalui Dealey Plaza.

Usai pembunuhan, Lee Harvey Oswald ditangkap atas pembunuhan tersebut, namun Oswald dibunuh oleh Jack Ruby beberapa hari kemudian. Hingga hari ini, spekulasi dan konspirasi soal penyebab pembunuhan Kennedy masih beredar di masyarakat.

Abraham Lincoln

Abraham Lincoln, yang terkenal karena menghapuskan perbudakan, meninggal usai ditembak simpatisan Konfederasi yakni John Wilkes Booth. Lincoln ditembak hanya beberapa hari usai Konfederasi menyerah di pengujung Perang Saudara AS.

Lincoln ditembak di bagian belakang kepala pada 14 April 1865 saat menonton pertunjukan teater. Setelah koma selama delapan jam, ia mengembuskan napas terakhir pada 15 April 1865.

HEALTH-CORONAVIRUS/USA-BIDEN
HEALTH-CORONAVIRUS/USA-BIDEN (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/FOC/sa.)

Booth yang melarikan diri dari kejaran polisi akhirnya tertangkap di Virginia dua pekan kemudian. Menolak menyerah, ia tewas setelah ditembak oleh polisi.

James Garfield

James Abram Garfield merupakan Presiden kesepuluh AS. Ia ditembak seorang pekerja yang mengalami masalah mental yakni Charles J Guiteau pada 2 Juli 1881.

Penembakan Garfield terjadi di Stasiun Baltimore. Meski lukanya tak tergolong parah, politisi Partai Republik itu meninggal pada 19 September 1881 karena infeksi.

Guiteau sendiri dihukum mati pada 14 Oktober 1881 dan dieksekusi pada 30 Juni 1882. Meski demikian, ia membantah telah membunuh Garfield karena menurutnya sang Presiden meninggal karena dokter melakukan malpraktik.

William McKinley

Presiden ke-25 AS William McKinley meninggal pada 14 September 1901 usai ditembak Leon Czolgosz. Ia ditembak Czolgosz, seorang aktivis buruh, di Buffalo, New York pada 6 September 1901.

McKinley wafat pada 14 September 1901 pukul 02.15 waktu setempat usai menjalani perawatan di rumah sakit. Sedangkan Czolgosz akhirnya dieksekusi mati di kursi listrik pada 29 Oktober 1901.

Percobaan Pembunuhan

Tak hanya itu, sejumlah Presiden AS pernah mengalami percobaan pembunuhan. Dikutip dari CNN, berikut daftarnya.

1. Andrew Jackson: Ditembak saat menghadiri acara pemakaman di Capitol, namun meleset.
2. Theodore Roosevelt: Ia ditembak di Milwaukee, Wisconsin saat hendak berkampanye pada 1912. Pelakunya adalah seorang pemilik kedai
3. Franklin Delano Roosevelt: Ia mengalami percobaan pembunuhan di Miami, Florida pada 1933 oleh Giuseppe Zangara. Meski meleset, tembakan tersebut mengenai sekaligus membunuh Wali Kota Chicago Anton Cermak.
4. Harry Truman: Ia lolos dari pembunuhan yang dilakukan seorang warga Puerto Rico pada 1950
5. Gerald Ford: Ford mengalami dua percobaan pembunuhan pada 1975.
6. Ronald Reagan: Reagan ditembah pada 1981 usai memberikan pidato di Washington, DC.
7. Barack Obama: Seorang warga Idaho ditangkap atas percobaan pembunuhan Obama usai ia menembak Gedung Putih pada 2011.

USA-ELECTION/GEORGIA
USA-ELECTION/GEORGIA (ANTARA FOTO/REUTERS/Brandon Bell/foc/cf)

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...