Parlemen Jepang Pilih Shigeru Ishiba jadi Perdana Menteri Gantikan Fumio Kishida

Ira Guslina Sufa
2 Oktober 2024, 13:07
Bendera Jepang
KCP International
Bendera Jepang
Button AI Summarize

Parlemen Jepang memilih Shigeru Ishiba sebagai perdana menteri baru negara itu. Ishiba terpilih menggantikan Fumio Kishida dalam rapat parlemen yang digelar pada Selasa (1/10). 

Anggota parlemen dari Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa dan mitra koalisi juniornya, partai Komieto, memilih Ishiba setelah memenangkan pemilihan ketua partai dalam konvensi internal LDP pekan lalu. Dia memperoleh dukungan dari 291 anggota parlemen dari 461 suara yang diberikan di majelis rendah parlemen.

Ishiba, 67 tahun, menggantikan Fumio Kishida yang mengundurkan diri Selasa pagi, bersama Kabinetnya. Kishida telah menjabat sebagai perdana menteri sejak Oktober 2021, menggantikan mantan perdana menteri Suga Yoshihide.

Perdana menteri yang baru terpilih itu sebelumnya menjabat sebagai menteri pertahanan dan terpilih sebagai ketua LDP pada upaya kelima-nya. Ishiba menyerukan pelaksanaan pemilu lebih cepat pada akhir bulan ini, yakni 27 Oktober 2024.

Periode itu merupakan waktu terpendek permintaan pemilu oleh siapapun yang pernah menjabat ketua LDP setelah mereka terpilih sebagai ketua partai. Penetapan ini membuat ia resmi menjadi perdana menteri Jepang yang ke 102. 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...