Kenali Kandungan dan Manfaat Lemon untuk Kesehatan Badan dan Wajah

Siti Nur Aeni
12 Agustus 2021, 00:38
Kenali Kandungan dan Manfaat Lemon untuk Kesehatan Badan dan Wajah
eggbank/unsplash.com
Buah lemon yang kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan

Lemon dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa masam. Rasa inilah yang membuat banyak orang ragu untuk mengonsumsi buah berwarna kuning ini. Padahal manfaat lemon sangatlah banyak ditunjang berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya. Penasaran apa saja manfaat dari buah lemon ini? Yuk simak penjelasan berikut.

Kandungan Lemon

Lemon memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, termasuk nutrisi dan vitamin. Dilansir dari helosehat.com dalam 100 gram buah lemon terdapat bermacam kandungan seperti 34 kalori, 92,2 gram air, 0,1 gram serat 23 miligram (mg) kalsium, 20 mg fosof, 31 mg natrium, 140 mg kalium, 0,2 mg zinc, sekitar 0,09 mg vitamin B1, 0,12 mg Vitamin B2, dan 50 mg vitamin C. Kandungan tersebutlah yang membuat buah ini sangat baik untuk beberapa hal, seperti:

 

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Lemon emiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat lemon untuk kesehatan diantaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kesadaran masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh tengah meningkat saat ini. Semenjak pandemi Covid-19, menjaga imunitas menjadi prioritas banyak orang. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat, termasuk mengonsumi buah lemon.

Kandungan vitamin C yang masuk ke tubuh bisa meningkatkan imunitas. Selain itu, vitamin C juga mampu melindungi tubuh agar tidak terjadi infeksi. Vitamin ini dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ tubuh agar tetap sehat. Untuk itu, asupan makanan atau minuman yang mengandungan vitamin C cukup penting.

2. Menjaga kesehatan jantung

Organ vital yang satu ini kerap menjadi perhatian khusus. Jantung yang terganggu bisa menyebabkan gangguan pada sistem organ lainnya. Maka dari itu, penting untuk menjaga agar kesehatan jantung tetap terjaga, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin C.

Lemon yang kaya akan vitamin C bisa menjadi salah satu pilihan baik dalam menjaga kesehatan jantung. Selain jantung, manfaat lemon lainnya untuk mencegah stroke dan menurunkan kolesterol yang bisa memicu gangguan kesehatan jantung.

3. Mencegah kekurangan darah

Kurang darah atau anemia bisa menjadi masalah fatal. Penderita anemia cenderung merasakan lelah dan lemas karena oksigen dalam tubuh kurang. Untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut, dibutuhkan asupan makanan atau minuman alami yang bisa menjaga darah di dalam tubuh tetap normal.

Lemon yang kaya vitamin C dan zat besi bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga darah di dalam tubuh tetap berfungsi baik. Dengan mengonsumsi lemon, artinya Anda tengah mencegah risiko terkena anemia.

Manfaat Lemon untuk Diet

Selain bemanfaat untuk kesehatan, manfaat lemon lainnya bisa untuk menurunkan berat badan secara alami. Bagi anda yang sedang atau hendak melakukan program diet, berikut ini beberapa manfaat lemon yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu sistem pencernaan agar tetap lancar

Manfaat lemon yang pertama yakni membantu pencernaan tetap lancar. Lemon memiliki kandungan yang mampu menambah gerakan peristaltik di dalam perut. Gerakan inilah yang membantu proses buang air besar lebih teratur.

Untuk mendapatkan manfaat baik dari lemon, Anda bisa memeras buah lemon kemudian campurkan dengan air hangat, dan minum selagi masih hangat.

2. Mengecilkan ukuran perut

Salah satu alasan seseorang ingin melakukan diet yaitu karena tidak percaya diri dengan ukuran perut yang dimiliknya. Perut buncit memang seringkali menjadi masalah. Untuk mengecilkan perut yang buncit, anda bisa menggunakan manfaat lemon untuk diet.

Caranya, Anda cukup meminum air lemon hangat setiap sore minimal 3 kali seminggu. Jika rutin, maka ukuran perut akan mengecil secara alami.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...