Kucing Ragdoll, Hewan Berukuran Besar yang Aktif dan Manja

Siti Nur Aeni
7 Oktober 2021, 21:30
Gambar kucing ragdoll
pixabay.com
Gambar kucing ragdoll

Memiliki hewan peliharaan yang cantik dan menggemaskan bagi sebagian orang menjadi hal yang menyenangkan. Kucing menjadi hewan peliharaan yang populer sejak dahulu. Kucing ragdoll menjadi kesukaan banyak orang sejak dahulu. Kucing ini merupakan persilangan antara kucing persia dengan anggora.

Kucing persia memiliki ciri khusus hidung pesek, bulu panjang, dan wajah yang bulat. Sedangkan kucing anggora memiliki ciri khusus bentuk hidung yang panjang dan mancung.

Dari persilangan keduanya menghasilkan ragdoll yang memiliki pesona tersendiri. Dalam Majalah Cat & Dog Edisi 20, ragdoll diartikan sebagai boneka. Maksudnya kucing ini memiliki penampilan seperti boneka yang mudah digendong, lemas, dan tidak banyak melawan.

Sejarah Kucing Ragdoll

Jenis kucing ini ternyata memiliki sejarah yang menarik. Mengutip dari Majalah Cat & Dog Edisi 3, kucing ini dikembangkan oleh seorang pecinta kucing ras bernama Ann Baker. Pengembangbiakan ras ini berlangsung hingga tahun 1971.

Ann juga mendirikan sebuah organisasi khusus untuk penggemar kucing jenis ragdoll. Hingga saat ini, organisasi tersebut masih menyelenggarakan kegiatan untuk melestarikan ras ini.

Ciri-ciri Kucing Ragdoll

Kucing ini mudah dikenali karena memiliki ciri-ciri yang khas. Mengutip dari “Panduan Lengkap Kucing”, berikut beberapa ciri khusus yang dimiliki kucing ragdoll.

  1. Ukurannya besar bahkan disebut sebagai salah satu kucing terbesar di dunia. Hal tersebut juga diakui oleh Guinness World Record.
  2. Kepala ragdoll berukuran medium. Pada kucing betina kepalanya berukuran lebih besar dibandingkan jantan.
  3. Hidung medium, lebar pada bagian dasar, dan berbentuk melingkar.
  4. Mata lebar dan berbentuk bulat.
  5. Badan besar dan berat. Kucing jantan memiliki berat badan 6,8 – 9 kilogram, dan betinanya 4 – 5.4 kilogram.
  6. Kakinya berukuran medium dan proposional dengan kaki depan.
  7. Cakar besar, bulat, dan kokoh. Jarinya berjumlah lima pada bagian depan dan empat jari dibelakang.
  8. Bulunya panjang, tebal, mengkilap, menutupi seluruh badan, dan tidak mudah kusut.
  9. Ekornya berbulu lembut dan panjang sesuai badannya.

Karakter Kucing Ragdoll

Selain sembilan ciri di atas, kucing ragdoll juga memiliki karakter khas. Melansir dari Majalah Cat & Dig Edisi 17, berikut ini beberapa karakter yang dimiliki kucing cantik ini.

  1. Memiliki kepribadian baik.
  2. Memiliki suara lembut, bersahabat, manja dan tidak suka menggangu.
  3. Hewan yang aktif dan senang bermain.
  4. Mudah dan dilatih sehingga cocok untuk menjadi hewan peliharaan.

Cara Merawat Kucing Ragdoll

Sebagai kucing dengan karakter yang penurut, maka cara merawat kucing ini tidaklah sulit. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat memelihara jenis kucing ragdoll.

1. Berikan makanan sesuai kebutuhan

Makanan menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika memelihara kucing. Hal ini juga berlaku saat Anda memiliki kucing jenis ragdoll. Berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan kucing baik dari segi kandungan nutrisi atau porsinya.

2. Jaga kebersihan

Cara merawat jenis kucing ragdoll selanjutnya yaitu perhatikan kebersihannya. Pastikan kandang dan lingkungan tempat kucing ini bermain selalu bersih, sehingga kucing terhindar dari penyakit. Selain itu kebersihan tubuh kucing juga harus dijaga agar tidak bulunya tidak rusak dan tidak ditumbuhi kuman.

3. Sisir bulu kucing sesuai kebutuhan

Kucing jenis ini terkenal dengan bulunya yang lebat. Meskipun bulu tersebut tidak mudah kusut, namun tak ada salahnya untuk sesekali menyisir bulunya. Hal ini bertujuan untuk membuat bulu kucing selalu rapi dan indah. Namun pastikan Anda menggunakan sisir khusus kucing, agar bulu tidak rontok dan rusak.

4. Sediakan maninan kucing

Jika sebelumnya disebutkan bahwa kucing ini aktif bermain dan mudah dilatih, maka tak ada salahnya jika Anda menyediakan mainan khusus untuknya. Kehadiran mainan akan membuat kucing terhindar dari stres. Selain itu, dengan sering bermain kucing terhindar dari obesitas.

Perbedaan Kucing Ragdoll dan Himalaya

Pada pembahasan tentang kucing himalaya di artikel sebelumnya, kita sudah mengulas tentang kucing ras tersebut. Jika dilihat sekilas, kucing radgoll memiliki kemiripan dengan ras himalaya. Akan tetapi kedunya sebenarnya dua jenis kucing yang berbeda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...