Upaya Swasta Membantu Atasi Krisis Iklim Global

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
22 Oktober 2021, 12:42
Upaya Swasta Membantu Atasi Krisis Iklim Global
Katadata

Laporan Energy and Climate Intelligence Unit (ECIU) dan Oxford Net Zero menyebut sedikitnya ada 21% dari dua ribu perusahaan publik terbesar di dunia sudah menyatakan komitmen untuk mencapai emisi nol. Saat ini semakin banyak perusahaan dunia bergerak untuk mengadopsi prinsip berkelanjutan. 

Selain karena tuntutan dari konsumen, tren ini terjadi karena muncul kesadaran di dunia usaha tentang pentingnya memperhatikan faktor-faktor sosial dan lingkungan, sebagai strategi bisnis untuk meningkatkan nilai jangka panjang dan performa bisnis.

Advertisement

HSBC merupakan salah satu contoh perusahaan yang sudah menyatakan komitmen dan juga mengimplementasikannya dalam operasional perusahaan. HSBC telah menetapkan rencana untuk memprioritaskan pembiayaan dan investasi yang mendukung transisi ke perekonomian global nir-emisi.

Head of Corporate Sustainability PT HSBC Indonesia, Nuni Sutyoko mengatakan, pihaknya telah melakukan kerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Baik akademik, lembaga swadaya masyarakat, pusat penelitian, serta institusi lain, untuk mencari solusi mengenai bagaimana mengatasi krisis iklim global.

“Jadi kita memang harus terus menjadi semacam gawang ya, dari sisi mitigation, kemudian juga dari sisi how can we help our business, untuk financial flow yang memang sifatnya green dan bersifat mempunyai strategi Environmental Social Governance (ESG),” kata dia dalam Webinar Katadata & Landscape Indonesia - Road to COP26, dengan tema ‘The Road to Net-Zero’, Jumat (22/10).

Salah satu upaya yang telah dilakukan HSBC adalah berbagi bantuan hingga melakukan intervensi kepada para petani, terutama petani kecil. Menurut Nuni, petani kecil merupakan sumber materi utama bagi para pemangku bisnis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement