Obat Sakit Pinggang, Penyebab dan Gejalanya

Image title
19 November 2021, 16:23
Ilustrasi obat sakit pinggang.
Pexels.com/Karolina Grabowska
Ilustrasi obat sakit pinggang.

Obat sakit pinggang diperlukan bagi mereka yang kerap terserang penyakit satu ini. Penyakit yang dapat membuat seeorang merasa tidak nyaman ini bisa disembuhkan dengan beberapa cara.

Sakit pinggang umumnya dialami oleh mereka yang berusia 30 tahun ke atas. Namun demikian, orang yang lebih muda bisa saja terserang sakit pinggang.

Penyebab dan Gejala Sakit Pinggang

Sakit di area punggung bawah ini dapat terjadi karena beberapa faktor, di antaranya duduk terlalu lama, kegemukan, atau sering mengangkat berat.

Di samping itu, sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa kondisi penyakit, seperti cedera punggung, saraf terjepit, skiatika, skoliosis, radang sendi, batu ginjal hingga penyempitan saluran tulang belakang.

Faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terjadinya sakit pinggang, ialah berusia 30 tahun ke atas, berat badan berlebih, hingga kurang berolahraga.

Gangguan pada organ tubuh, seperti infeksi ginjal, usus buntu, pankreatitis, hingga kista ovarium juga dapat menyebabkan sakit pinggang.

Ada berbagai gejala sakit pinggang, di antaranya pinggang pegal, kaku, atau seperti ditusuk, nyeri yang menjalar, kesulitan bergerak atau berdiri tegak, rasa sakit yang memburuk di malam hari atau ketika duduk dan membungkuk, hingga tungkai terasa lemah atau mati rasa.

Obat Sakit Pinggang

Mengutip Alodokter, terdapat suatu metode penanganan awal ketika terserang sakit pinggang yang dikenal dengan istilah RICE (rest, ice, compress, elevate) yang berarti:

  • Rest: istirahat sejenak hingga nyeri terasa membaik.
  • Ice: kompres pinggang yang nyeri dengan es selama 15-20 menit.
  • Compress: bebet pinggang untuk mengurangi rasa sakit.
  • Elevate: berbaring dengan menempatkan bantal di bawah pinggang.

Namun, jika metode di atas tidak membuahkan hasil, Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa jenis obat sakit pinggang, yakni:

Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS)

Kelompok obat ini digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan. Untuk mengatasi sakit pinggang, dokter umumnya akan menyarankan OAINS, seperti ibuprofen, natrium diclofenac, dan sebagainya.

Antidepresan

Tidak hanya untuk mengobati gejala depresi, obat ini juga ampuh mengatasi sakit pinggang, khususnya yang disebabkan oleh saraf terjepit. Obat ini hanya boleh diminum dengan mengikuti resep dokter dan untuk jangka pendek.

Antikejang

Ada berbagai obat antikejang yang bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang, di antaranya gabapetin, pregabalin, carbamazepine, dan asam valporat. Namun demikian, belum ada data yang konsisten terkait penggunaan obat antikejang untuk mengatasi nyeri sakit pinggang.

Halaman:
Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...