9 Manfaat Buah Pir untuk Wajah dan Tubuh yang Sayang Dilewatkan

Siti Nur Aeni
14 Januari 2022, 20:48
9 Manfaat Buah Pir untuk Wajah dan Tubuh yang Sayang Dilewatkan
pixabay.com
Gambar Buah Pir

Buah pir menjadi salah satu buah yang cukup populer dan banyak digemari. Buah dengan rasa manis dan segar ini ternyata memiliki banyak manfaat. Siapa sangka jika manfaat buah pir untuk wajah juga cukup beragam.

Kandungan nutrisi yang ada pir ternyata tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh namun juga berguna untuk memelihara kulit. Adapun kandungan buah pir menurut penjelasan di hellosehat.com, seperti berikut:

Advertisement
  1. Energi
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Karbohidrat
  5. Vitamin B1
  6. Vitamin B2
  7. Vitamin B3
  8. Asam pantotenat
  9. Piridoksin
  10. Asam folat
  11. Kalisum
  12. Zat besi
  13. Magnesium
  14. Kalium
  15. Natrium

Manfaat Buah Pir untuk Wajah

Dari kandungan nutrisi tersebut maka tak heran jika buah segar yang satu ini memiliki beragaman manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Menurut penjelasan di doktersehat.com, berikut manfaat buah pir untuk wajah.

1. Mengobati Jerawat dan Infeksi Kulit

Manfaat buah pir untuk wajah yang pertama yaitu membantu mengatasi jerawat dan berbagai infeksi kulit lainnya. Kandungan vitamin dan mineral di dalam pir, membuat buah ini bisa membantu mengatasi jerawat.

Tidak hanya itu, pir juga berguna untuk memperbaiki sistem imun yang membuat tubuh bisa menangkal bakteri atau kuman penyebab jerawat dan infeksi kulit.

2. Memberikan Efek Lembut dan Kenyal pada Kulit

Buah pir mengandung serat dan nutrisi yang mencegah terjadinya fluktuasi meningkatnya kadar gula dalam tubuh. Kadar gula yang tiba-tiba meningkat bisa merusak kolagen. Senyawa tersebut merupakan protein yang berguna untuk membuat kulit halus, lembut, dan kenyal.

3. Menyeimbangkan pH Kulit

Manfaat buah pir untuk wajah lainnya yaitu untuk menyeimbangkan pH kulit. Anda bisa menggunakan buah pir untuk mengatasi kulit berminyak. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa membuat pir menjadi masker dengan tambahan madu dan whipped cream.

Dengan cara tersebut, maka kulit akan lebih sehat. Sebab mineral yang ada akan membantu menetralkan dan menyeimbangkan pH kulit.

Manfaat Buah Pir untuk Tubuh

Selain berperan untuk memelihara kulit, buah pir juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Menurut keterangan di alodokter.com, berikut beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement