Mengenal Tugas dan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Sebuah Pertandingan

Image title
6 Juni 2022, 15:09
jumlah pemain bola voli
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras.
Pebola voli Bogor Lavani Leandro Martins (kanan) melakukan smes ke arah pertahanan Surabaya Bhayangkara Samator pada babak grand final putra Proliga 2022 di Padepokan Voli Jendral Polisi Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/3/2022).

Olahraga bola voli merupakan salah satu yang cukup populer di Indonesia. Jumlah pemain bola voli yang utama maksimal enam orang dan minimal empat orang. Bila kurang dari itu, wasit boleh menghentikan pertandingan.

Secara umum, jumlah pemain bola voli berjumlah 10 orang. Ini terdiri dari pemain utama dan cadangan. 

Dalam permainannya, masing-masing pemain memiliki tugasnya tersendiri. Contohnya seperti libero yang bertugas untuk menerima bola dari lawan saat posisi bertahan. 

Penasaran dengan tugas dan jumlah pemain bola voli lainnya? Berikut pembahasannya. 

Fungsi dan Tugas Pemain Bola Voli

Olahraga bola voli punya sejarah panjang sebelum menjadi permainan yang populer di dunia. Drs Syahrizal dalam bukunya Permainan Bola Voli menjelaskan, olahraga ini diciptakan oleh direktur pendidikan jasmani Young Man Christian Association (YMCA) bernama William C. Morgan. Saat itu, Morgan terinspirasi untuk membuat cabang olahraga baru setelah dengan James Naismith, pencipta olahraga bola basket. 

Sejak diciptakan pada 1895 di Amerika Serikat, olahraga yang awalnya bernama Mintonette ini mengalami perubahan mulai dari nama, segi permainan dan aturannya. 

Pada 1896, seseorang bernama Alfred T. Halstead mengubah nama Mintonette menjadi bola voli. Perubahan tersebut merujuk pada ciri permainannya, yakni melambungkan bola sebelum menyentuh tanah (volleying).

Seiring berjalannya waktu, perubahan dalam permainan bola voli terus dilakukan. Salah satu yang paling terlihat jelas adalah pada komposisi jumlah pemain bola voli.

Dahulu jumlah pemain bola voli tidak menentu. Kemudian, karena banyak perkembangan dan aturan baru, maka jumlah pemain lebih diefisienkan menjadi minimal empat orang dan maksimal enam orang. Setiap pemain bola voli memiliki tugas serta fungsi masing-masing dalam permainan tersebut. 

Lebih lanjut, berikut fungsi dan tugas pemain bola voli dalam sebuah pertandingan yang mesti diketahui:

Server

Server adalah pemain yang bertugas untuk memulai sebuah pertandingan bola voli, dengan melakukan servis. Servis ini yakni memukul bola sampai melalui net dan jatuh pada area lawan.

Di dalam pertandingan voli, server ini ditujukan untuk pemain yang menempati urutan atau nomor 1. Biasanya, servis ini bakal dilakukan secara bergantian.

Pergantian server akan terjadi apabila ada perpindahan penguasaan bola saat pertandingan, yang ditandai dengan perubahan poin.

Setter atau Tosser

Set-Upper (setter) atau dikenal juga dengan sebutan tosser, merupakan pemain yang bertugas untuk mengatur dan menentukan serangan. Di dalam pertandingan voli, urutan pemain yang bertugas sebagai tosser adalah nomor 3.

Fungsi tosser di dalam pertandingan bola voli yakni memberikan umpan matang kepada spiker, agar dia dapat melakukan smash atau pukulan keras yang mengarah pada area permainan lawan. Biasanya, tosser akan memberikan umpan tersebut, saat melakukan pukulan kedua.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...