Mengenal Istilah Stalking, Definisi, Dampak Negatif, dan Pencegahannya

Dwi Latifatul Fajri
3 Agustus 2022, 18:33
stalking artinya
pexels.com/ Karolina Grabowska
Ilustrasi, stalking online.

Ada berbagai istilah dalam bahasa Inggris yang dipakai warganet di media sosial. Salah satu kata populer adalah stalking. Kata tersebut dikaitkan dengan kegiatan seseorang mencari informasi pribadi melalui media sosial.

Istilah stalking berhubungan dengan keinginan seseorang mengetahui segala hal dari orang lain. Mereka akan mencari informasi, mengikuti, tindakan ancaman pada seseorang. Ini penjelasan tentang stalking dan dampak buruknya.

Definisi Stalking

Menurut Kamus Cambridge, stalking artinya tindakan kejahatan mengikuti dan mengawasi seseorang secara ilegal dalam waktu tertentu. Arti lain dari stalking yaitu tindakan mengikuti seseorang tanpa terlihat atau terdengar.

Berdasarkan penjelasan diatas, stalking menjadi tindak kejahatan yang mengganggu privasi seseorang. Kata stalking bisa diartikan sebagai penguntit. Ada berbagai cara seseorang melakukan aksi penguntitan. Mereka bisa mendapatkan informasi pribadi secara online atau membuntuti. Pola perilaku ini bisa berbahaya karena seseorang merasa diawasi.

Menurut Departemen Kehakiman Amerika Serikat, menguntit termasuk tindak kejahatan. Hal ini terjadi jika seseorang menyebabkan keselamatan dan penderitaan emosional orang lain.

Aksi menguntit ini termasuk tindakan pelecehan karena penguntit meras terobsesi. Mereka akan menargetkan seseorang untuk diikuti. Stalking termasuk tindakan pelanggaran jika penguntit mengganggu kehidupan seseorang. Misalnya saja seseorang membuntuti mantan pasangan atau orang terdekat.

Tindak Kejahatan Stalking Online

Mengutip dari police.uk, aksi penguntitan termasuk tindakan kejahatan. Mereka melakukan berbagai cara untuk mendapatkan informasi dan akses. Cyberstalking adalah istilah untuk seseorang yang menguntit secara online. Berikut tindak kejahatan dari perilaku stalking online:

  • Mencari informasi pribadi
  • Melakukan komunikasi menggunakan akun palsu untuk menelpon dan mengirim pesan ke sosial media
  • Melakukan pencurian identitas dan mengancam menggunakan foto, video, informasi pribadi, dan salinan pesan
  • Mengancam seseorang hingga melecehkan melalui media sosial, email, dan pesan

Cara Mencegah Stalking

Stalking berdampak negatif pada korban yang mengalami kecemasan dan ketakutan. Ada beberapa cara mencegah tindakan stalking. Strategi ini untuk mengatasi dan mencegah penguntitan antara lain:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...