Haters adalah Tindakan Kebencian, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
3 Agustus 2022, 23:39
Haters adalah perilaku seseorang yang melakukan kebencian
pexels.com/Tom
Ilustrasi Haters

Haters adalah perilaku seseorang yang melontarkan ujaran kebencian, baik itu secara langsung maupun tidak langsung, termasuk secara online. Umumnya, serangan haters tertuju pada orang-orang yang cukup dikenal atau populer. 

Istilah Haters

Istilah haters berasal dari bahasa Inggris. Kata haters sendiri sering dikaitkan dengan popularitas, prestasi, jabatan, dan harta seseorang. Contohnya, seorang penyanyi populer mendapatkan serangan komentar dari haters.

Dengan begitu, haters adalah bentuk atau tindakan seseorang mengatakan dan menulis hal-hal tidak menyenangkan kepada orang lain. Mereka melakukan ujaran kebencian, mengkritik, dan membenci orang lain. Haters melakukan segala cara untuk menyerang seseorang.

Menurut kamus Cambridge, haters artinya seseorang yang tidak menyukai sesuatu. Contoh kalimat yaitu He thinks I'm a real man-hater,  yang berarti dia pikir aku benar-benar pembenci pria.

Seorang haters umumnya iri dan tidak suka dengan prestasi orang lain. Contohnya saja akun anonim yang menyebarkan ujaran kebencian di media sosial. Mereka bisa menyerang tokoh populer, politik, dan orang-orang.

Media sosial menjadi tempat untuk memberi komentar dan pesan kebencian. Ujaran kebencian ini berdampak pada pemilik akun karena bullying yang dilakukan.

Haters menyebarkan konten kontroversi dan provokasi pada warganet. Mereka akan menghasut beberapa orang memakai akun anonim. Umumnya komentar kebencian di internet ini disebut troll.

Para troll akan terlibat diskusi dan sengaja membagikan pesan kebencian. Mereka akan memberikan target pada individu atau kelompok tertentu.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...