Mengenal Teknik Lay Up Shoot Bola Basket dan Trik Melatihnya

Image title
16 Agustus 2022, 10:46
Ilustrasi lay up shoot bola basket dan sejumlah trik untuk mengasahnya agar semakin terampil dan mahir.
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/hp.
Ilustrasi lay up shoot bola basket dan sejumlah trik untuk mengasahnya agar semakin terampil dan mahir.

Lay up shoot merupakan salah satu teknik tembakan dalam permainan bola basket, di mana pemain melakukan tembakan sambil melompat dengan sebelumnya melangkah dua langkah ke arah ring basket. Bagi Anda pemain pemula bola basket lay up shoot bola basket juga merupakan metode tembakan paling aman terhindar dari blok lawan.

Hal itu dikarenakan pemain lawan melakukan lay up, mereka akan menambah kecepatan saat langkah terakhir dribel. Adapun tujuannya untuk mendekatkan bola dengan ring basket.

Metode defense di semua kompetisi basket normalnya membiarkan pemain lawan untuk memegang bola hingga di garis three-point. Setelah itu, defender akan melakukan upaya steal atau menghentikan serangan pemain lawan dengan cara trap atau menjaga dengan ketat agar tembakannya meleset.

Proses lay up shoot bola basket bisa dilakukan di situasi terbuka, yakni di momen transisi dari defense ke offense ataupun pergerakan tanpa bola yang mampu meloloskan diri dari penjagaan. Sementara jika lay up digunakan dari sisi yang sulit, yakni dengan adanya defender yang menempel ketat pergerakan, perlu melakukan gerakan tambahan untuk mengalahkan defender tersebut.

Aneka Ragam Teknik Lay Up Shoot Bola Basket

Berikut beragam trik lay up shoot bola basket yang mampu membuat pemain lebih dekat ke tiang basket yang dilansir dari bola.com:

1. Reverse Lay Up

Lay up ini menggunakan tumpuan satu kaki yang berlawanan dengan tangan yang digunakan untuk menembak. Jika ingin melakukan lay up dari sisi kanan ring basket menggunakan tangan kanan, tumpuan kaki terakhir adalah kaki kiri dengan di akhir gerakan mengayun yang rileks untuk membuat bola masuk dengan sempurna.

2. Power Lay Up

Power lay up menggunakan tumpuan dua kaki sebelum melakukan ayunan tembakan bola. Power lay up sering dilakukan dalam situasi yang lebih sulit, tujuannya untuk menjaga keseimbangan saat melakukan lompatan dan tembakan.

3. Finger Roll Lay Up

Finger roll lay up merupakan satu di antara jenis lay up yang indah dan menarik, yakni gerakan memutar bola ke atas seperti tembakan teardrop shot atau floater dengan jarak yang lebih dekat ke tiang basket.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...