5 Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

Image title
19 Agustus 2022, 15:23
cara meningkatkan kemampuan literasi digital
pixabay.com/AmrThele
ilustrasi, cara meningkatkan kemampuan literasi digital

Literasi digital merupakan kemampuan untuk memahami dan memakai informasi dari berbagai sumber yang diakses dari komputer maupun perangkat lainnya. Cara meningkatkan kemampuan literasi digital banyak dicari orang karena urgensinya begitu penting di era keterbukaan informasi saat ini.

Menurut UNESCO, sebagaimana dikutip dari buku Literasi Digital, literasi digital tidak hanya berkaitan dengan teknologi saja. Sebab,  literasi digital merupakan kecakapan yang mencakup kemauan untuk belajar, berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam melakukan berbagai hal di dunia digital.

Dari penjelasan tersebut tidak mengherankan jika cara meningkatkan kemampuan digital perlu untuk dipelajari. Selain itu, dengan berkembangnya teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) di ranah akademik maupun profesional, menjadi alasan kuat mengapa kemampuan literasi digital sangat dibutuhkan.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kemampuan literasi digital? Berikut Katadata.co.id sudah merangkumnya untuk Anda.

Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

Dilansir dari Forbes, literasi digital adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk belajar, bekerja, dan menavigasi kehidupan di dunia kita yang semakin digital. Kemampuan inil memungkinkan Anda menggunakan perangkat digital, perangkat lunak, dan aplikasi dengan percaya diri.

Selain itu, keterampilan literasi digital akan membantu Anda dalam menangani data dengan cara yang tepat, efektif dan aman.

Lebih lanjut menukil dari Open Colleges dan sumber lainnya,, berikut sejumlah cara meningkatkan literasi digital agar Anda semakin bijak ketika berselancar di internet:

1. Mulailah Berpikir Kritis

Langkah pertama sebagai cara meningkatkan kemampuan literasi digital adalah dengan mencoba berpikir kritis. Kita semua tahu, bahwa informasi yang saat ini bertebaran di internet berasal dari situs berita atau semacamnya. Akan tetapi, apakah informasi tersebut dapat dipercaya?

Ketika Anda menerima sebuah informasi yang tidak jelas dari mana asalnya, mulailah dengan mendorong diri Anda untuk mengajukan pertanyaan bagaimana informasi itu dibuat? Kemudian cari jawabannya dengan langsung ke sumbernya. Anda dapat memeriksa dan menganalisis objektivitasnya.

2. Menguasai Finding Information

Keterampilan dalam berpikir kritis dan menganalisa sebuah informasi di internet adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan literasi. Selain keahlian ini, Anda juga perlu menguasai finding information.

Finding information artinya Anda bisa memilah secara akurat dan mengevaluasi informasi yang diterima ataupun disebarkan melalui platform digital. Skill ini menitikberatkan Anda untuk menguasai komunikasi, kesadaran sosial dan pengetahuan tentang pembuatan informasi di lingkungan digital.

3. Manfaatkan Media Sosial untuk Belajar dan Berkolaborasi

Metode selanjutnya untuk cara meningkatkan kemampuan literasi digital adalah memanfaatkan media sosial dengan baik. Misalnya, Anda dapat belajar sesuatu hal baru dari content creator yang sering membuat konten edukasi atau semacamnya.

Tidak hanya untuk sarana belajar saja, Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana kolaborasi. Sebagai contoh Twitter dapat digunakan untuk membuat jajak pendapat untuk tujuan penelitian atau menemukan sumber ahli.

4. Memahami Digital Culture 

Kultur digital sangat penting dipahami oleh Anda. Sebagai salah satu cara meningkatkan kemampuan literasi digital, Anda perlu memahami bagaimana keberadaan internet mempengaruhi cara berinteraksi dan berkomunikasi seseorang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...