6 Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing yang Menyengat dan Menggangu

Destiara Anggita Putri
12 Oktober 2022, 13:22
Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Memiliki hewan peliharaan kucing memang menyenangkan. Namun ada kalanya Anda merasa kesal dengan kucing peliharaan, bila mereka berbuat nakal.

Kucing yang kencing sembarangan mungkin sudah bukan hal asing lagi. Walaupun mungkin Anda sudah mengajarkan mereka untuk kencing di tempat yangtelah disediakan, namun mereka tetap saja berbuat demikian.

Jika dibiarkan, maka bau pesing yang menyengat tersebut akan menyebar dan pastinya mengganggu. Oleh karena itu, Anda harus segera mencari cara untuk menghilangkan bau kencing tersebut.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut enam cara menghilangkan bau kencing kucing yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Mencari Tahu Sumber Bau Kencing

Sebelum Anda melakukan tindakan, ketahui dulu darimana sumber bau kencing tersebut berasal. Biasanya kucing suka kencing di kasur atau sofa karena kedua tersebut terasa hangat dan nyaman. Selain itu, mereka juga suka mengencingi kedua tempat tersebut lebih dari sekali untuk menandai wilayah kekuasaannya .

Di sisi lain, bisa jadi kucing sedang mengalami stress atau merasa terancam yang membuat mereka kencing di tempat favorit mereka. Tentunya, kencing mereka ini akan meninggalkan bau menyengat yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Alasannya adalah urine kucing akan tampak bercahaya ketika terkena sinar matahari. Oleh karena itu, bila sofa atau kasur terdapat cairan kekuningan dan bau bekas kencing kucing, Anda bisa segera membersihkannya. 

Bila Anda terlambat mengetahuinya, maka bekas kencing tersebut akan mengering dan meninggalkan bau serta bekas yang sulit dibersihkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghilangkan bau kencing yang tepat.

2. Membersihkan dengan Handuk 

Jika Anda sudah menemukan sumber bau kencing berasal, segera lap atau bersihkan tempat tersebut dengan handuk basah. Hindari gunakan handuk kering, karena dikhawatirkan bau kencingnya akan menyebar ke tempat lainnya.

Untuk melakukan cara ini, pastinya Anda harus membasahi handuk yang akan digunakan terlebih dahulu. Setelah itu, menekan-nekan bagian dari tempat yang dikencingi oleh kucing. Lakukan hingga semuanya sudah terserap ke dalam handuk.

Setelah itu, bersihkan bagian tersebut lagi dengan handuk bersih dengan gerakan memutar. Dengan demikian, bau tidak sedap dari kencing kucing Anda bisa hilang dari tempat tersebut. 

3. Menggunakan Cuka Apel dan Air

Cara berikutnya yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan cuka apel dan air. Campuran kedua bahan ini sudah sering digunakan untuk menghilangkan bau menyengat di rumah. Tidak hanya itu, cara ini juga bisa membasmi noda yang ada di lantai maupun furnitur di dalam rumah

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...