12 Manfaat Daun Kumis Kucing, dari Asam Urat hingga Masalah Ginjal

Image title
21 Oktober 2022, 22:36
manfaat daun kumis kucing
Youtube Mama Rita Channel
Ilustrasi daun kumis kucing

Masyarakat Indonesia telah lama memanfaatkan beragam jenis tanaman herbal untuk pengobatan tradisional. Misalnya seperti manfaat daun kumis kucing, tumbuhan yang dipercaya memiliki ragam khasiat.

Kumis kucing atau Orthosiphon Aristatus merupakan tanaman dari famili Lamiaceae. Habitat alaminya berada di kawasan tropis Afrika dan kini telah menyebar ke beberapa belahan dunia seperti Indonesia.

Manfaat daun kumis kucing berasal dari kandungan senyawa penting yang ada di dalamnya. Dari sejumlah studi, tanaman ini diketahui memiliki kalium, glikosida, orthosiphon dan sebagainya.

Dari segi fisik, bentuk kumis kucing  berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Di luar sana daun kumis kucing sering disebut  kidney tea plants atau java tea.

Manfaat Daun Kumis Kucing

Menurut WebMd, manfaat daun kucing diklaim bisa mengobati berbagai kondisi saluran kemih, kandung kemih dan ginjal. Akan tetapi, bukti dari keefektifan khasiatnya perlu diteliti lebih lanjut.

Dikutip dari Kitab Tanaman Obat, bagian yang paling bermanfaat dari kumis kucing yaitu akar dan daunnya. Di dalam daun kumis kucing tersedia kandungan flavonoid yang cukup melimpah.

Di sejumlah daerah, ramuan dari rebusan daun kumis kucing dinilai ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit ringan. Tetapi, penggunaannya bagi ibu hamil dan menyusui kurang begitu dianjurkan. Sebab, konsumsi berlebihan dari daun kucing dikhawatirkan dapat menimbulkan gejala efek samping.

Sementara itu merujuk pada buku Tanaman Obat Keluarga dan sumber lainnya, manfaat daun kucing antara lain sebagai berikut:

1. Membantu Meredakan Infeksi Saluran Kencing atau Anyang-anyangan

Anyang-anyangan merupakan suatu kondisi medis yang bisa diderita pria maupun wanita. Biasanya gangguan kesehatan ini dipicu akibat adanya infeksi saluran kemih, efek samping obat-obatan hingga batu ginjal.

Manfaat daun kumis kucing salah satunya untuk mengatasi gejala infeksi saluran kencing ringan. Berdasarkan hasil studi menyebutkan, daun kumis kucing mengandung senyawa yang bersifat antibakteri.

Untuk metode pengobatannya, campurkan daun kumis kucing dengan menir dan alang-alang. Rebus bahan herbal tersebut. Kemudian air rebusannya bisa dikonsumsi 3 kali sehari. 

2. Meredakan Nyeri Saat Susah Buang Air Kecil (BAK)

Daun kumis kucing dipercaya bisa meredakan nyeri ketika mengalami kencing tersendat. Herbal ini dapat diolah menjadi teh dan dikonsumsi bagi penderita yang mengalami gejala klinis seperti ini.

3. Menurunkan Darah Tinggi

Dalam sebuah studi ditemukan fakta bahwa kandungan methylripariochromene dalam daun kucing, bisa mengurangi tekanan darah sistolik pada hewan. Para peneliti menduga zat kimia ini berpengaruh juga kepada manusia.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...