Memahami Sifat Clingy, Ciri-ciri dan Penyebabnya

Tifani
Oleh Tifani
25 Oktober 2022, 14:53
clingy
Katadata
Ilustrasi, sifat clingy.

Kata clingy kerap ditemukan di berbagai platform media sosial. Banyak pengguna media sosial yang menggunakan istilah ini ketika mengomentari suatu hal yang berkaitan dengan hubungan atau relationship.

Banyak orang yang menggunakan istilah clingy untuk menggantikan kata manja, khususnya digunakan kepada pasangan. Mengutip dictionary.com, clingy adalah seseorang yang terlalu dekat baik secara emosional dan bergantung pada orang lain.

Sedangkan, menurut Urban Dictionary, clingy adalah saat seseorang menjadi sangat terobsesi pada satu orang saja. Sampai ia tidak ingin lepas, dan hanya ingin menghabiskan waktu dengan orang itu sepanjang hari.

Sifat clingy muncul akibat adanya rasa kurang percaya diri dan rasa cemas yang terlalu berlebihan kepada pasangan. Dalam istilah lain, sifat ini muncul karena adanya insecure yang ada pada diri seseorang terhadap pasangannya.

Sifat clingy adalah sifat yang juga bisa muncul dikarenakan adanya sebuah bayangan skenario terburuk yang bisa terjadi dalam hubungan, seperti diabaikan sampai ditinggalkan. Sikap ini juga muncul karena adanya keinginan yang kuat untuk memenuhi kebutuhan emosional, mental, spiritual dan fisik yang tidak didapatkan dalam hidup seseorang.

Ciri-ciri Sifat Clingy

Ciri-ciri sifat clingy perlu diperhatikan, agar seseorang dapat cepat sadar jika ternyata sedang berhadapan dengan orang clingy.

1. Terlalu Sering Menghubungi

Hal pertama ciri-ciri sifat clingy pada seseorang adalah terlalu sering menghubungi. Ciri ini biasanya paling sering umum terjadi dalam kasus hubungan percintaan.

Mengubungi seseorang merupakan hal wajar dilakukan, akan tetapi jika seseorang menghubungi lebih dari lima kali dalam satu hari dan hanya untuk menanyakan hal yang remeh, itu tandanya orang tersebut memiliki sifat clingy.

2. Selalu Ingin Tahu Keberadaan Pasangan

Orang yang memiliki sifat clingy adalah orang yang biasanya bersikap berlebihan. Salah satu ciri-ciri sifat clingy, adalah selalu ingin tahu keberadaan seseorang, misalnya pasangan.

Bahkan menginginkan seseorang selalu dalam pantauannya. Pemilik sifat clingy juga kerap meminta bukti berupa foto atau video call, bahkan share location di aplikasi chatting hanya untuk memastikan seseorang saat itu tidak sedang berbohong.

3. Marah Ketika Lama Dibalas

Orang clingy kerap marah, atau akan terus mengganggu dengan membombardir pesan secara terus menerus seperti mengirimi pesan ketika pesannya tidak langsung mendapatkan balasan.

Bahkan, ada juga yang akan langsung menghubungi melalui sambungan telepon. Ketika menghubungi, ia biasanya beralasan merasa cemas dengan keadaan orang lain. Padahal, sebetulnya ia merasa orang lain sedang melakukan sesuatu hal yang tidak ingin diketahui olehnya.

4. Stalking Media Sosial

Pasangan yang mempunyai ciri-ciri sifat clingy adalah selalu memeriksa media sosial secara berkala. Ia merasa kalau perlu memantau seluruh kegiatan, terutama dalam hal media sosial.

Ia akan memantau dengan siapa berteman di media sosial, apa saja yang diposting, dan masih banyak lagi. Selain itu, orang yang memiliki sifat clingy tidak mudah percaya kepada orang lain.

5. Bertanya dengan Intimidatif

Salah satu ciri-ciri sifat clingy selanjutnya adalah selalu menanyakan berbagai macam pertanyaan. Kebanyakan pertanyaan yang ditanyakan olehnya adalah hal-hal sepele yang tidak terlalu penting.

Misalnya, mengobrol dengan siapa saja, memberikan like di postingan siapa, atau kenapa menyukai atau berkomentar di postingan orang lain. Biasanya, berbagai pertanyaan tidak penting ini dilontarkan dengan nada yang cukup intimidatif.

6. Selalu Mengikuti

Kebanyakan ciri lain orang yang clingy adalah ingin selalu ingin ikut pergi kemana pun. Hal ini merupakan salah satu sikap over protective yang muncul secara perlahan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...