Mengenal Habitat Kelinci yang Wajib Dipahami Sebelum Memelihara

Annisa Fianni Sisma
7 November 2022, 13:47
habitat kelinci
PEXEL
Ilustrasi, kelinci di taman.

Kelinci adalah hewan herbivora yang memiliki beragam jenis. Kelinci dapat merupakan kelinci jenis peliharaan dan kelinci jenis pedaging dengan habitat kelinci yang berbeda-beda.

Habitat kelinci hidup di daratan dan sebenarnya cenderung dapat beradaptasi di berbagai kondisi wilayah setempat. Hal ini juga bergantung pada jenis kelinci tersebut.

Wajahnya yang menggemaskan dan tingkahnya yang aktif pun membuat banyak orang penasaran dan ingin memeliharanya. Sebelum itu, perlu diketahui terkait habitat kelinci. Berikut ini penjelasan tentang habitat kelinci selengkapnya melansir dari duniakelinci.com.

Seluk-Beluk Habitat Kelinci

Kelinci sebenarnya merupakan hewan liar dan mulai populer pada abad ke-17. Sebagai hewan liar, habitat kelinci cenderung di alam liar dan mereka beradaptasi dengan cara masing-masing.

1. Lorong Bawah Tanah

Habitat asli kelinci pada umumnya merupakan terowongan bawah tanah di daerah perbukitan atau taman. Mereka hidup secara berkelompok, baik untuk bertahan dari serangan musuh, melindungi diri, dan mencari makanan.

Mereka akan membuat lorong bawah tanah untuk menyimpan makanan, berlindung, berkembang biak, dan hidup berkelompok. Lorong bawah tanah adalah lokasi aman bagi kelinci.

2. Semak Belukar

Selain di lorong bawah tanah, habitat kelinci juga termasuk semak-semak dan akar belukar di padang rumput. Tidak semua kelinci hidup di habitat semak belukar yang sama. Semua bergantung pada jenis kelinci tersebut.

Namun, pada umumnya, rerumputan merupakan habitat kelinci yang sebenarnya. Rerumputan juga merupakan makanan pokok bagi kelinci dan bergizi tinggi. Rerumputan dapat memperlancar sistem pencernaan kelinci. Oleh karena itu, kelinci disebut hewan herbivora.

3. Padang Pasir Gersang

Habitat kelinci lainnya yakni di padang pasir gersang dan memiliki cuaca ekstrim. Kelinci jenis tertentu dapat menyesuaikan diri di tempat yang kering dan gersang.

4. Dalam Kandang

Jika ingin memelihara kelinci, memang sebaiknya mengikuti habitat aslinya. Namun, jika memang harus meletakkanya di dalam kandang, pastikan kandang tersebut adalah kandang yang luas untuk kelinci berlarian.

Berikan juga litter box sebagai tempat buang air kecil dan buang air besarnya. Pastikan kandang tidak tertutup sehingga dapat terkena cahaya matahari pagi. Kandang yang harus disediakan ada dua jenis yakni kandang untuk berlindung dari panas, hujan, angin. Kedua, yakni kandang dalam bentuk kotak sebagai tempat tinggal kelinci satu per satu.

5. Rabbit Garden

Bagi pemelihara kelinci, penyediaan rabbit garden diperlukan untuk agar kelinci mampu berinteraksi dengan alamnya. Rabbit garden ini dapat diterapkan di halaman rumah bagian belakang sebagai playground bagi kelinci.

Karakteristik Kelinci Ditinjau dari Habitatnya

Jika ingin merawat kelinci dengan baik, pastikan kelinci hidup sesuai habitatnya. Pemilik juga harus memahami bahwa kelinci memiliki karakteristik tertentu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...