Mengenal 9 Ciri Ciri Kelinci Stres yang Wajib Diketahui

Annisa Fianni Sisma
8 November 2022, 10:39
ciri ciri kelinci stres
PIXABAY
Ilustrasi, kelinci

Kelinciatau hewan dengan nama latin Oryctolagus Cuniculus merupakan hewan peliharaan yang menarik untuk dipilih. Namun, untuk merawatnya tentu harus memiliki komitmen atau kelinci akan mengalami stres. Pemilik pun harus mengetahui ciri ciri kelinci stres untuk mencegahnya.

Pada dasarnya, kelinci adalah hewan yang ramah dan mudah beradaptasi. Bahkan ia kerap disebut dengan hewan kosmopolit. Untuk memahaminya, berikut ciri ciri kelinci stres selengkapnya melansir dari berbagai sumber.

1. Nafas Terengah-Engah

Ciri ciri kelinci stres pertama yakni nafasnya yang terengah-engah. Nafas kelinci yang berat dan tidak normal seperti biasanya dapat menjadi indikator kelinci sedang dalam keadaan tidak normal.

Pemilik harus mengevaluasi dan memeriksa keadaannya dengan baik. Kemungkinan kelinci sedang dalam keadaan kurang sehat dan memberinya vitamin dapat menjadi solusi yang baik.

2. Sering Berdiam Diri dan Aktivitas Menurun

Pemilik pasti mengetahui kegiatan sehari-hari sang hewan peliharaan. Kelinci pada umumnya merupakan hewan yang aktif dan sering berlarian. Jika tiba-tiba ia berdiam diri dan tidak aktif seperti biasanya, maka harus dilakukan pengecekan.

Kelinci yang tiba-tiba berdiam diri dan murung dapat menjadi ciri ciri kelinci stres. Coba temani sejenak dan ajak bermain agar kelinci tidak merasa kesepian. Selain karena faktor kebosanan, bisa jadi kelinci tersebut sedang sakit. Jika pemilik menemukan gejala yang mencurigakan, sebaiknya bawa kelinci ke vet terdekat.

3. Agresif

Kelinci merupakan hewan yang ramah dan periang. Namun jika kelinci mulai menunjukkan tanda-tanda dan sikap agresif, mudah menggigit, mudah mencakar, dan tidak ramah, maka hal tersebut dapat menjadi ciri ciri kelinci stres.

Faktor yang mempengaruhi sikap agresifnya dapat beragam. Kelinci yang sedang sakit, merasa kesepian, mengalami trauma juga dapat menjadi agresif kepada pemiliknya atau kepada kucing lain.

Berkaitan dengan hal ini, pemilik harus memperhatikannya. Jika ingin mendekati, gunakan sarung tangan pengaman agar tidak terluka.

4. Bulu Rontok dan Kusam

Bulu rontok dan kusam dapat menjadi salah satu ciri ciri kelinci stres. Jika diperhatikan, bulu kelinci lembut dan sehat, tetapi jika sebaliknya maka pemilik harus memperhatikan. Terkadang pemilik salah menyangka bahwa bulunya hanya kotor saja. Oleh karena itu, memperhatikan kesehatan kelinci dari bulunya juga perlu dilakukan.

5. Terlihat Gelisah

Ciri ciri kelinci stres yang cukup menonjol adalah merasa gelisah. Ia akan kerap melompat, terlihat cemas, memelototkan mata, sering bersuara. Oleh karena itu, pemilik harus menenangkannya.

Pemilik harus mencari tahu penyebabnya agar kelinci tidak merasa stres berkepanjangan. Faktor yang dapat mempengaruhinya yakni kandang terlalu sempit, suara yang terlalu keras dan mengganggu, atau yang lainnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...