Memahami 7 Tahap dalam Cara Memandikan Kelinci dengan Mudah

Annisa Fianni Sisma
10 November 2022, 08:32
 Cara Memandikan Kelinci
PIXABAY
Ilustrasi, kelinci.

Memelihara kelinci merupakan hobi bagi beberapa orang. Pemilik pun harus memperhatikan kebersihan dan kesehatannya dengan rutin memandikan dan memberi asupan gizi yang baik. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu menarik untuk membahas cara memandikan kelinci.

Cara memandikan kelinci terbagi menjadi beberapa tahapan. Namun pada pokoknya, pastikan kelinci benar-benar bersih dan nyaman saat dimandikan. Siapkan pula peralatan yang diperlukan. Untuk memahami lebih lanjut, berikut penjelasan cara memandikan kelinci lengkap melansir dari hobinatang.com.

1. Siapkan Perlengkapan

Sebelum memandikan kelinci, tentu pemilik harus mempersiapkan perlengkapan mandi yang dibutuhkan. Perlengkapan tersebut meliputi sabun mandi khusus kelinci, sikat, handuk kering, air hangat, bedak kelinci jika diperlukan, sisir, hair dryer untuk mengeringkan, cotton bud untuk membersihkan bagian sela-sela jari dan telinga kelinci, baby oil, dan gunting kuku.

Sabun khusus kelinci dapat diperoleh di petshop terdekat. Jangan gunakan sabun sembarangan atau akan berbahaya jika tidak sengaja terkena mata dan mulut kelinci. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam sabun khusus kelinci memang disesuaikan aman untuk kulit kelinci. Jika menggunakan sembarang produk, kemungkinan kulit kelinci akan iritasi.

Sikat merupakan perlengkapan opsional. Jika membersihkan dengan tangan saja cukup, maka tidak memerlukan sikat lagi untuk memandikannya. Sikat diperlukan jika kelinci benar-benar kotor dan sulit untuk dibersihkan. Sikat membantu membersihkan kelinci hingga ke sela-sela bulunya.

Handuk kering tentu diperlukan setelah memandikan kelinci. Jangan biarkan kelinci merasa kedinginan setelah mandi karena tidak segera dikeringkan. Selain itu, mengeringkan dengan handuk juga menghindari kelinci terkena jamur dan agar tidak basah dimana-mana.

Air hangat diperlukan dalam memandikan kelinci agar kelinci merasa nyaman. Jika kelinci tiba-tiba dimandikan dengan air dingin, maka ia akan terkejut dan cenderung agresif. Oleh karena itu, penggunaan air hangat diperlukan agar kelinci juga beradaptasi.

Bedak kelinci merupakan kebutuhan opsional. Bedak kelinci terdapat berbagai macam varian dan manfaat. Contohnya, jika kelinci menderita jamuran, maka bedak kelinci khusus jamur diperlukan. Namun ada pula bedak kelinci yang cukup sebagai pengharum saja dan aman bagi kelinci.

Sisir dan hair dryer bisa jadi merupakan kebutuhan opsional dan kebutuhan pokok. Pasalnya, agar kelinci segera kering setelah dimandikan, mengeringkannya dengan sisir dan hair dryer pun membantu kelinci kering lebih cepat. Jika tidak ada hair dryer, maka lakukan pengeringan dengan kipas. Jika tidak ada keduanya, cukup gunakan sinar matahari agar cepat kering.

Cotton bud dan baby oil berguna untuk membersihkan sela-sela bagian lipatan tubuh kelinci dan telinganya. Pasalnya, terkadang bagian ini sulit dijangkau dan sulit dibersihkan. Caranya yakni dengan meneteskan sedikit baby oil ke cotton bud dan bersihkan bagian yang masih kotor tersebut. Badan kelinci pun menjadi bersih dan wangi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...