Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Pelajar yang Mudah Dilakukan

Anggi Mardiana
16 November 2022, 19:42
cara menabung uang jajan 2000
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Cara menabung uang jajan 2000 menjadi salah satu cara yang efektif untuk memulai kebiasaan menabung. Nominalnya yang kecil membuat siapa saja bisa melakukannya. Dengan menghemat pengeluaran, sebagian orang bisa menyisihkan uangnya untuk ditabung.

Menabungmerupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Meski uang yang ditabung bukan jumlah yang besar. Namun, jika dilakukan dengan rutin maka uang yang terkumpul menjadi banyak. Hasil dari tabungan ini bisa menjadi uang simpanan cadangan atau digunakan untuk kebutuhan.

Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Pelajar

Anak sekolah biasanya mendapatkan uang jajan setiap hari dari orang tua. Ada baiknya jika uang tersebut tidak dihabiskan untuk membeli makanan atau barang lain. Anda bisa berhemat dan menabung uang jajan sisanya.

Jika uang hanya dihabiskan untuk jajan, saat membutuhkan uang darurat atau ingin membeli barang yang mahal cenderung sulit terpenuhi. Anda bisa coba mengikuti cara menabung uang jajan 2000 untuk pelajar berikut ini yang dilansir dari universitas123.com.

1. Menentukan Tempat Menabung

Sebelum memulai menabung tentukan terlebih dahulu tempat untuk menyimpan uangnya. Untuk pelajar, bisa menyimpan uang secara pribadi di orang tua atau sekolah. Pilih tempat menabung yang mudah dilakukan setiap hari.

Dengan cara ini, Anda bisa mulai proses menabung tanpa khawatir soal penyimpanan uang. Mungkin awalnya akan terasa berat, namun lama-kelamaan akan terbiasa dengan kegiataan ini. Apalagi jika diiringi dengan keinginan yang kuat.

2. Menyisihkan Uang Jajan Sendiri

Setiap kali menerima uang jajan, pisahkan uang sebelum dibelanjakan. Sisihkan uang untuk ditabung, bisa dengan menyimpannya di tas, dompet atau celengan. Hal ini untuk menghindari uang tabungan tidak sengaja dihabiskan untuk jajan.

Cara ini memang mudah dan tidak memberatkan bagi Anda yang baru mulai menabung. Namun, tetap saja harus dilakukan secara konsisten setelah menerima uang jajan. Dengan begitu, uang yang ditabung akan cepat terkumpul.

3. Meminta Tolong Orang Tua Menyimpan Uang

Jika kesulitan memisahkan uang jajan sendiri, cara selanjutnya adalah meminta bantuan kepada orang tua untuk langsung memotong uang jajan yang akan diterima. Sehingga Anda tidak perlu kesulitan menyimpan uang sendiri.

Misalnya uang jajan harian sebesar Rp 10.000, orang tua akan menyimpan Rp 2000 lalu memberikan sisanya Rp 8000 sebagai uang jajan. Keuntungannya, Anda jadi tidak perlu memegang uangnya sendiri sehingga tidak perlu khawatir uang terpakai.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...