8 Rekomendasi Tempat Thrifting di Jogja dan Cara Mencuci Pakaian Bekas

Tifani
Oleh Tifani
9 Desember 2022, 09:37
Tempat Thrifting di Jogja
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, sejumlah warga memilah pakaian bekas atau thrifting.

Thrifting atau jual beli pakaian bekas pakai menjadi budaya populer di Indonesia. Dalam jurnal yang berjudul Thrift Shoping Trends In Building Word Of Mouth (2022) oleh Fitriyani dan Aditya Surya menyebutkan meski menuai pro dan kontra, thrifting dianggap mendukung gaya hidup berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Budaya thrifting atau belanja baju bekas, telah eksis di berbagai wilayah di Indonesia, tak terkecuali di Yogyakarta, atau Jogja. Kota ini memiliki sebutan khusus untuk baju bekas, yakni awul-awul.

Berburu awul-awul menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi para peminatnya. Mereka bisa memilih langsung baju bekas berkualitas dan menyesuaikan dengan uang yang dimilikinya.

Tempat Thrifting di Jogja

Seperti telah disebutkan, budaya thrifting telah eksis di seluruh Indonesia, termasuk di Jogja. Berikut ini rekomendasi tempat belanja baju bekas favorit di Jogja.

1. Pusat Impor Korea

Salah satu tempat thrifting di Jogja yang populer adalah pusat impor Korea ini. Di sini banyak sekali pakaian bekas Korea yang kekinian dan dengan harga yang terjangkau.

Para pecinta thrifting dapat memilih pakaian mana yang ingin dibeli. Pakaian seperti zipper, crewneck, jeans, celana kantoran, dan masih banyak lagi dibanderol dengan harga yang ramah bagi kantong anak muda.

Bahkan, jika pembeli berbakat dalam urusan tawar-menawar bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga lebih terjangkau. Lokasinya berada di Jalan Menteri Supeno Nomor 86.

2. Pujha Fashion

Pujha Fashion menjual berbagai macam pakaian bekas dengan kualitas bagus. Mulai kemeja, jaket, hoodie, hingga celana tersedia di toko ini. Meskipun menjual baju bekas, Pujha Fashion memperhatikan kenyamanan pembeli.

Baju-baju ditata dengan rapi. Ruangannya pun dilengkapi dengan AC, sehingga para pembeli bisa nyaman selama memilih baju. Di toko ini, semua barang dihargai pas alias pembeli tidak bisa melakukan tawar-menawar.

3. Pasar Beringharjo

Di lantai 2 Pasar Beringharjo terdapat deretan khusus toko awul-awul. Merek-merek terkenal seperti Champion mudah ditemui di sini. Para pedagang membanderol dagangannya dengan harga terjangkau. Di sini, berbagai jenis pakaian bekas bisa dijumpai, mulai yang kekinian, hingga era 1990-an.

4. Toko Awul-awul Jalan Magelang

Di toko ini, baju bekas yang dijual juga tidak ditata dengan rapi. Meski demikian, koleksinya terbilang lengkap. Mulai dari kaus, kemeja, hingga celana model apapun bisa dijumpai di sini. Merek-merek terkenal seperti Zara, Uniqlo, sampai H&M dijual dengan harga terjangkau di toko awul-awul ini.

5. Aneka Busana

Toko baju bekas yang berada di Jalan Parangtritis ini menjual pakaian kualitasnya dijamin masih bagus. Di sini, pakaian tidak ditata dengan rapi, sehingga pembeli harus gigih mencari apa yang diinginkan.

Meski begitu, koleksinya cukup lengkap dan harganya murah. Di sini, pembeli juga diberi kesempatan untuk melakukan tawar-menawar. Aneka Busana menjadi salah satu tempat thrifting di Jogja yang direkomendasikan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...