Kemenkes Sebut Virus Corona Tak Menular Melalui Makanan dan Pakaian

Image title
27 Januari 2020, 19:33
virus corona, makanan, kementerian kesehatan
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Penumpang menggunakan masker saat keluar dari terminal kedatangan Internasional di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Senin (27/1/2020). Kementerian Kesehatan hari Senin (27/1) mengatakan virus corona tak menular lewat makanan dan pakaian.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan virus corona tak menular melalui makanan. Selain itu penyakit ini juga tidak menyebar lewat pakaian sehingga masyarakat tak perlu khawatir.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Anung Sugihantono menjelaskan saat ini penyebaran virus mematikan tersebut diduga melalui kontak langsung dengan penderita. Meski demikian, pemerintah belum mengetahui secara spesifik apa penyebab menularnya wabah ini.

"Tidak ada ceritanya makanan dan pakaian dapat menularkan virus itu," kata Anung saat menggelar konferensi pers di kantor Kemenkes, Jakarta, Senin (27/1).

(Baca: Jokowi Pastikan Penuhi Kebutuhan WNI yang Terjebak di Wuhan)

Menurut dia, hal yang perlu diwaspadai masyarakat yakni potensi kontak langsung atau udara dengan orang yang terkena gejala virus tersebut. Oleh sebab itu dia mengimbau warga yang khawatir tertular menggunakan masker.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...