Kedutaan AS Ingatkan Potensi Hujan Besar dan Badai di Jakarta

Yuliawati
Oleh Yuliawati
8 Januari 2020, 09:16
kedutaan AS, banjir Jakarta
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Banjir di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Kedubes AS memberi peringatan kemungkinan terjadi hujan lebat.

Kedutaan Besar Amerika serikat di Indonesia memberikan peringatan mengenai prakiraan cuaca buruk di Jakarta. Lewat situs resminya, Kedutaan AS menyebutkan Jakarta akan diguyur hujan yang luar biasa hingga Minggu, 12 Januari.

Kedubes AS juga menyebutkan potensi terjadi badai dan angin kencang dengan kemungkinan menyebabkan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit di seluruh wilayah.

(Baca: Banjir Bandang di Lebak, Jokowi Minta Penambangan Emas Ilegal Disetop)

Terkait hal itu, Kedubes menyarankan warga AS yang tinggal di Jakarta melakukan beberapa hal, seperti persiapkan rencana tanggap darurat, mengikuti berita terkini dan pantau informasi cuaca dari otoritas Indonesia. Mereka juga disarankan mengikuti akun media sosial resmi dari kedutaan AS.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan lebat akan terjadi pada 5-10 Januari. Potensi hujan lebat tersebut diperkirakan masih akan terjadi hingga pertengahan Februari mendatang di beberapa wilayah Indonesia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan hujan lebat tersebut berpotensi menyebabkan banjir. Dia menjelaskan hujan ekstrem terjadi akibat masuknya aliran udara basah dari arah Samudera Hindia di sebelah barat Pulau Sumatera. Sehingga berdampak pada peningkatan intensitas hujan.

(Baca: Kronologi Gedung Empat Lantai Ambruk di Palmerah Lukai Belasan Orang)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...