HIPMI Siap Dongkrak Jumlah Pengusaha Baru di Indonesia

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
28 Juni 2019, 22:32
Mardani
Katadata

Jakarta-Calon ketua umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Mardani H. Maming berjanji, jika terpilih akan berusaha meningkatkan jumlah pengusaha. Selain itu, Mardani juga ingin melahirkan konglomerat baru dari HIPMI. “Pengusaha di Indonesia setiap tahun memang mengalami peningkatan, tapi banyak juga yang tidak bisa bertahan di dalam dunia usaha,” katanya. Untuk itu kata dia, para pengusaha muda yang baru memulai usaha  harus dirangkul dan dibimbing agar bisa bertahan dan tidak mudah menyerah.

 

Menurutnya, salah satu indikator ketangguhan perekonomian nasional sebuah negara dapat dilihat dari rasio jumlah pengusaha dibanding jumlah penduduk. Rata-rata negara maju yang memiliki ekonomi stabil, memiliki rasio pengusaha 14 persen. Artinya 14 persen penduduk di negara tersebut adalah pengusaha. Namun posisi Indonesia dalam hal rasio jumlah pengusaha masih rendah.

 

Berdasarkan data BPS, jumlah wirausaha UKM di Indonesia naik dari 1,56 persen pada 2014, menjadi 3,1 persen dari jumlah penduduk pada 2016. Kementerian Koperasi dan UKM  yakin akhir 2019 nanti, target 5 persen rasio jumlah pengusaha akan mampu dicapai. Presiden Jokowi dalam beberapa kesempatan menekankan bahwa Indonesia harus mampu menembus 14 persen rasio jumlah pengusaha dan berharap semua pihak bisa berkolaborasi, agar jumlah ideal pengusaha tercapai.

 

Mardani mengklaim akan membuat HIPMI mampu mengambil peran secara aktif untuk mendorong jumlah pengusaha di tanah air terkerek naik. “HIPMI bukan sekadar wadah bagi pengusaha di Indonesia, tapi dari sinilah kita persiapkan para gerenasi yang baru untuk menjadi pengusaha dan terus meningkatkan kualitas pengusaha Indonesia dengan program-program yang kita siapkan,” kata Mardani.

 

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...