LSI Denny JA: Jokowi Berpotensi Menang Telak dari Prabowo

Yuliawati
Oleh Yuliawati
12 April 2019, 16:22
Jokowi potensi menang
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari.
Calon Presiden petahana Joko Widodo (tengah) berorasi dalam kampanye terbuka di Lapangan Karebosi, Makasar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/3/2019).

Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru yang menunjukkan elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang selisih dua digit dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi meraih dukungan dalam rentang 55,9%-65,8%, sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan dalam rentang 34,2%-44,%.

"Jokowi-Ma'ruf di ambang menang telak dengan selisih dukungan terhadap Prabowo-Sandi di atas dua digit," kata peneliti LSI Denny JA, Adrian Sopa, di Jakarta, Jumat (12/4).

(Baca: Survei Final SMRC: Pakai 4 Metode, Jokowi Ungguli Prabowo)

Survei LSI Denny JA terbaru ini dilakukan pada 4-9 April 2019 dengan melibatkan 2.000 responden. Survei dilakukan di 34 provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

LSI Denny JA menilai Jokowi-Amin konsisten unggul sejak survei diadakan pada Agustus 2018 hingga April 2019. Pada Agustus 2018, elektabilitas Jokowi-Amin 52,2% dan Prabowo-Sandi 29,5%.

Di rentang waktu itu, elektabilitas Jokowi mengalami penurunan, namun tetap unggul dari Prabowo. Pada Februari 2019, elektabilitas Jokowi 58,7% dan pada Maret rentang terbawahnya menjadi 56,8%. Sementara elektabilitas Prabowo pada Februari 2019 sebesar 30,9% dan pada Maret menjadi 36,8%-43,2%.

"Selisih di atas dua digit ini selalu stabil di periode-periode survei LSI Denny JA," kata Adrian.

(Baca: Survei SMRC: Elektabilitas Jokowi Tergerus Hoaks Antek Tiongkok)

Dengan melihat tren ini, Adrian menyatakan, Jokowi-Maruf berpotensi memecahkan rekor dukungan tertinggi dalam Pemilu Presiden langsung yang selama ini dipegang Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009 dengan elektabilitas 60,9%.

Faktor Penyebab Jokowi Unggul dari Prabowo

LSI Denny JA merekam beberapa faktor yang membut Jokowi-Ma'ruf berpotensi menjadi pemenang pada Pilpres 2019. Pertama, mayoritas publik puas dengan enam program sukses Jokowi, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), hingga Beras Sejahtera (Rastra).

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...