Keluarga Pendiri NU Deklarasikan Dukungan untuk Prabowo-Sandiaga

Hari Widowati
29 November 2018, 11:03
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) saling berpegangan tangan seusai mendaftarkan dirinya di gedung KPU, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Sejumlah ulama dan cendekiawan dari Jawa Timur yang merupakan keturunan dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Program ekonomi yang diusung oleh pasangan Prabowo-Sandiaga menjadi salah satu alasan bagi mereka untuk memberikan dukungan tersebut.

KH Hasyim Karim, salah satu cucu dari KH Bisri Syansuri, mengatakan ada beberapa alasan dibalik dukungan tersebut. "Kami bangga terhadap fokus Prabowo-Sandiaga mengatasi persoalan ekonomi," kata Hasyim di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11) malam, sebagaimana dikutip Antara.

Ia mengaku bangga melihat Prabowo sebagai pembicara utama dalam The World 2019 Gala Dinner yang diselenggarakan The Economist di Singapura pada 27 November lalu. Lewat forum tersebut, Prabowo menjelaskan program-program ekonominya kepada para pemimpin perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia.

(Baca: Prabowo Janjikan Pemerintahan yang Bersih)

Seorang pemimpin harus bisa berbicara dengan jelas dan meyakinkan di dalam forum internasional dan Hasyim menilai hal tersebut telah dibuktikan oleh Prabowo. "Saya harap masyarakat bisa melihat dan menilai siapa yang memiliki kualitas kepemimpinan," ujarnya.

Tidak mudah bagi Indonesia untuk mengembalikan kejayaan negara di mata internasional karena banyaknya masalah yang dihadapi pada saat ini. Namun, ia percaya duet Prabowo-Sandiaga memiliki solusinya.

Cucu KH Hasyim Asy'ari, Irfan Yusuf Hasyim atau Gus Irfan, mengatakan kedatangan para ulama dan keluarga pendiri NU untuk bertemu Prabowo dan Sandiaga ini bertujuan untuk bertukar pikiran dan saling memberikan dukungan. Dalam pertemuan tersebut, Gus Irfan mengatakan, Prabowo menjelaskan keinginannya untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

"Kami, selaku keluarga pendiri NU, juga merasa terhormat karena Indonesia juga lahir dari perjuangan para ulama NU sehingga kehadiran kami di sini seperti mengulang apa yang dilakukan oleh para pendahulu kami," ujar Gus Irfan, yang juga menjadi salah satu juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga.

Berikut ini adalah daftar dzurriyah pendiri NU yang hadir dalam pertemuan tersebut yang diperoleh Katadata.

Dzurriyah Pesantren Tebu Ireng

1. Irfan Yusuf Hasyim (Gus Irfan), cucu KH Hasyim Asy'ari

2. KH Hasyim Karim (Gus Aying), cucu KH Bisri Syansury

3. KH Fahmi Amrullah (Gus Fahmi), cucu KH Hasyim Asy'ari

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...