Sri Mulyani Anggap Generasi Milenial Aset Penggerak Ekonomi

Dimas Jarot Bayu
26 Oktober 2017, 15:39
Sri Mulyani wefie
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Menteri Keuangan Sri Mulyani berfoto wefie bersama mahasiswa saat memberikan kuliah umum di Universitas Udayana, Bali, Jumat (20/1/2017).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui generasi milenial Indonesia sebagai aset penggerak ekonomi di masa depan. Sri menyatakan pemerintah berupaya membuat kebijakan mengikuti karakter yang dimiliki oleh generasi muda angkatan 1980 hingga 1997 tersebut.

Sri menuturkan, saat ini generasi milenial memiliki tiga karakter yang khas, yakni terkoneksi dengan internet, memiliki kepercayaan diri tinggi, dan kreatif. Dia mengatakan pemerintah mencari cara bagaimana ketiga karakter ini menjadi aset yang berharga.

Advertisement

"Pemerintah ingin buat 3C (connectivity, confidence, creativity) ini jadi potensi, bukan disaster, sehingga Indonesia bisa menciptakan suatu aset yang kreatif dan aktivitas ekonomi untuk menuju masyarakat Indonesia yang adil dan makmur," kata Sri saat Peringatan Hari Oeang di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis (26/10).

Sri Mulyani mengatakan ketiga karakter ini telah membuat perubahan ekonomi yang cukup pesat. Di antaranya terlihat dari pesatnya pertumbuhan transaksi online yang terjadi di Indonesia. (Baca: Survei HSBC: Generasi Millenial Ingin Pensiun Di Usia Lebih Muda)

Sri menuturkan, pada 2014 hanya ada 20 juta orang yang melakukan transaksi online. Namun, pada 2017 ini sudah ada 70 juta orang yang melakukan transaksi online. “Dengan adanya teknologi, kami melihat adanya perubahan, ekonomi kita bergerak sangat cepat,” kata Sri.

Untuk itu, kata Sri, Indonesia harus mengubah pola ekonominya yang selama ini berbasis komoditi. Indonesia, lanjutnya, harus mampu mengembangkan generasi muda melalui pengembangan ekonomi berbasis manajemen sumber daya manusia (SDM).

"Untuk bisa mengembangkan menjadi negara besar pada 2030-2045, Indonesia harus mampu mendorong dari komoditi ke human capital, kita harus menginvestasikan hal ini sejak usia dini," kata Sri.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement