Penyebab Ramai Pekerja Cina, BKPM: Buku Manual Mesin Berbahasa Asing

Image title
30 Desember 2016, 08:39
BKPM
Arief Kamaludin | Katadata

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong menepis isu miring terkait banyaknya jumlah tenaga kerja asing asal Cina di Indonesia. Menurutnya, peningkatan jumlah tenaga kerja Cina wajar karena dipicu oleh naiknya investasi dari negeri tirai bambu.

"Peningkatan realisasi investasi yang signifikan tersebut menjadi pemicu meningkatnya penggunaan tenaga kerja asing oleh investor Cina yang ingin merealisasikan investasinya di Indonesia," kata Lembong dalam keterangan tertulis, Kamis (30/12/2016).

Lembong mengungkapkan, realisasi investasi Cina pada periode Januari sampai September lalu mencapai US$ 1,6 miliar. Cina merupakan investor terbesar ketiga setelah Singapura dan Jepang. Dalam dua tahun, peringkat Cina melonjak dari peringkat 8 pada 2014.

(Baca juga: Isu Serbuan 10 Juta Pekerja Cina, Ini Datanya)

Dari data BKPM, jumlah tenaga kerja Cina baru yang diserap dari realisasi investasi periode Januari-September 2016 tercatat 3.718 tenaga kerja atau 0,3 persen dari total penyerapan 975.898 tenaga kerja per lapangan pekerjaan baru.

Dari data Kementerian Tenaga Kerja, jumlah tenaga kerja Cina sampai November 2016 tercatat hanya 21.271 orang. Jumlah tersebut merupakan bagian dari penyerapan tenaga kerja asing secara keseluruhan sebanyak 17.966 orang maupun 957.932 tenaga kerja Indonesia pada periode yang sama. 

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...