Tanri Abeng Ditunjuk Jadi Komisaris Utama Pertamina

Aria W. Yudhistira
6 Mei 2015, 19:03
Katadata
KATADATA
Kementerian BUMN merombak susunan komisaris Pertamina. Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng ditunjuk sebagai Komisaris Utama menggantikan Sugiharto.

KATADATA ? Pemerintah merombak susunan komisaris PT Pertamina (Persero). Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tanri Abeng ditunjuk menggantikan Sugiharto sebagai Komisaris Utama.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, penunjukan sosok yang pernah dijuluki ?manajer satu miliar? itu karena dianggap tahu seluk beluk dan tantangan yang dihadapi Pertamina. Dengan begitu, Pertamina diharapkan dapat menjadi perusahaan nasional yang mampu bersaing di kancah global.

?Dia (Tanri Abeng) manajer handal. Tahu betul tantangan dihadapi terutama Pertamina. Semoga beliau mampu membantu Pertamina bersaing di global,? kata Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (6/5).

Menteri ESDM Sudirman Said menambahkan, jajaran pimpinan Pertamina, baik Dewan Komisaris maupun Dewan Direksi, harus bisa membawa Pertamina menjadi perusahaan yang besar. Dia berpesan, agar pimpinan di BUMN energi itu dapat konsisten menjalankan roadmap yang telah disusun.

?Jajaran pimpinan Pertamina tidak boleh terjebak dalam syndrome ganti pimpinan ganti kebijakan. Harus konsisten kepada roadmap yang telah disusun perusahaan untuk bisa menjadi perusahaan yang bersaing secara global,? ujarnya.

Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng mengatakan, sangat menyukai tantangan dan siap membawa timnya untuk bekerjasama dengan Dewan Direksi membawa Pertamina sesuai amanat pemegang saham.

Dia mengatakan, kunci utama untuk bisa mengatasi tantangan dan memenangkan persaingan global adalah efisiensi yang tinggi, strategi yang tepat, dan manajemen yang kuat.

"Harus diakui, Pertamina sudah berada dalam trek yang baik untuk tumbuh pesat di masa mendatang. Ini merupakan tantangan. Namun, bagi tantangan tidak akan ada habisnya, dan kami sangat menyukai tantangan,? kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengucapkan selamat atas penetapan Dewan Komisaris Pertamina yang baru. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para Dewan Komisaris periode sebelumnya yang telah menyelesaikan masa baktinya pada hari ini.

Berikut jajaran Dewan Komisaris Pertamina per 6 Mei 2015:

  • Komisaris Utama: Tanri Abeng (Mantan Menteri BUMN)
  • Komisaris: Sahala Lumban Gaol (Staf Ahli Menteri BUMN)
  • Komisaris: Suahasil Nazara (Kepala Badan Kebijakan Fiskal)
  • Komisaris: Widhyawan Prawiraatmadja (Staf Ahli Menteri ESDM)

Jajaran Dewan Komisaris Pertamina periode sebelumnya:

  • Komisaris UTama/ Independen: Sugiharto (Mantan Menteri BUMN)
  • Komisaris: Gatot Trihargo (Deputi Bidang Usaha Jasa Kementerian BUMN)
  • Komisaris Independen: Nurdin Zainal (Mantan Staf Khusus Menko Politik, Hukum, dan Keamanan)
  • Komisaris: Susilo Siswoutomo (Mantan Wakil Menteri ESDM)

Reporter: Arnold Sirait

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...