Kadin Sebut 6 Juta Pekerja Dirumahkan dan Kena PHK akibat Pandemi

Image title
7 Juni 2020, 21:42
kadin, phk, virus corona
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ketua Umum Kadin Indonesia sekaligus Ketua Satgas Omnibus Law Rosan P Roeslani. Rosan dalam sebuah diskusi daring (7/6) mengatakan ada 6 juta pekerja yang dirumahkan dan kena PHK karena dampak virus corona

Pengusaha menyebut saat ini jutaan pekerja di RI sudah terdampak virus corona Covid-19 dan menunggu bantuan dari pemerintah. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebut paling tidak ada enam juta orang terpaksa dirumahkan serta terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan jumlah ini masih akan bertambah dengan pekerja di sektor informal. Oleh sebab itu Rosan berharap stimulus yang diberikan pemerintah mampu memberikan dampak guna menyelamatkan diri dari kesulitan ini.

Advertisement

“Angka kami di atas 6 juta, 90% dirumahkan sisanya PHK,” kata Rosan dalam diskusi daring di Jakarta, Minggu (7/6). 

(Baca: Asosiasi Pengusaha Prediksi 15 Juta Pekerja Kena PHK Akibat Pandemi)

Angka ini berbeda jauh dari data yang disampaikan pemerintah. Awal bulan lalu Kementerian Ketenagakerjaan menyebut ada 1,5 juta pekerja formal kena PHK dan dirumahkan akibat corona.

Rosan juga mengatakan total sebanyak 55 juta pekerja di seluruh RI membutuhkan bantuan dari pemerintah karena dampak virus corona Covid-19. Pasalnya, pandemi ini memukul hampir seluruh sektor ekonomi termasuk dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement