Jokowi Harap BPOM Terbitkan Izin Darurat Vaksin Covid-19 Pekan Ini

Rizky Alika
6 Januari 2021, 16:52
vaksin, jokowi, covid-19
Laily Rachev|Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo melantik menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Rabu (23/12/2020). Jokowi pada Rabu (6/1) berharap BPOM menerbitkan izin darurat vaksin Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 masih menunggu izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Presiden Joko Widodo pun berharap, BPOM dapat menerbitkan izin tersebut pada pekan ini.

Jokowi juga memastikan, ia akan menjadi orang pertama yang menjalani vaksinasi pada pekan depan. Penyuntikan vaksin tersebut akan dilakukan satu-dua hari setelah izin terbit dan kepastian kehalalan vaksin itu. 

Advertisement

"Kami masih menunggu hasil pengujian dan izin penggunaan darurat dari BPOM. Diharapkan minggu ini atau minggu depan keluar," kata Jokowi saat Pemberian Bantuan Modal Kerja di Halaman Tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (6/1).

Setelah Presiden, vaksin virus corona akan diberikan kepada tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, dan masyarakat. Secara total, vaksinasi akan dilakukan kepada 70% dari total penduduk Indonesia, yaitu 182 juta orang.

Jokowi berharap, proses vaksinasi kepada 182 juta rakyat akan selesai dalam waktu satu tahun dan aktivitas masyarakat akan kembali normal, "Kami akan bekerja keras," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BPOM Penny K Lukito menyatakan, izin penggunaan darurat masih diproses. Namun ia mengatakan vaksin tersebut dibuat dari bahan-bahan yang aman bagi manusia.

"Berdasarkan hasil evaluasi mutu yang telah dilakukan, BPOM dapat memastikan bahwa vaksin ini tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya," kata Penny kepada wartawan di Jakarta, Selasa (5/1).

Penny mengatakan untuk menjamin mutu CoronaVac, BPOM telah mengevaluasi data mutu vaksin. Evaluasi mencakup pengawasan mulai dari bahan baku, proses pembuatan hingga produk jadi vaksin sesuai dengan standar penilaian mutu yang berlaku internasional.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement