Cara Cek Bansos bulan Juli 2021 di cekbansos.kemensos.go.id

Image title
22 Juli 2021, 10:08
Cara Cek Bansos bulan Juli 2021 di cekbansos.kemensos.go.id
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.
Warga membawa paket bantuan saat pembagian Bansos untuk warga terdampak pandemi COVID-19 di Mapolres Serang, Banten, Rabu (24/3/2021). Yayasan Budha Tzu Chi bekerja sama dengan TNI-Polri menyalurkan bantuan sosial berupa 80 ribu paket sembako dan masker untuk warga terdampak COVID-19 di Banten.

Seiring dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, masyarakat yang terkena dampak akan kembali mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST). Sebelumnya, pemerintah telah memberikan bantuan sosial (bansos) sejak April 2020 sebesar Rp 300 ribu rupiah per bulan.

Untuk tahun 2021, BST telah disalurkan bulan Januari hingga April. Kemudian, untuk antisipasi PPKM Darurat, BST diberikan kembali pada bulan Mei dan Juni yang disalurkan sekaligus di bulan Juli sehingga total bansos pada yang didapatkan sebesar Rp 600 ribu.

Advertisement

Target penyaluran BST untuk bulan Juli mencapai 10 juta penerima bantuan. Sementara untuk penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 18,8 juta dan Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 10 juta.

Adapun rincian anggaran untuk penerima BST senilai Rp 6,1 triliun, sementara anggaran untuk PKH senilai Rp 13,96 triliun dan untuk BPNT senilai Rp 45,12 triliun. Untuk penyaluran BST dilakukan melalui PT Pos Indonesia, sementara PKH akan disalurkan melalui Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

Penerima BST merupakan keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan dari pemerintah daerah, Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos, lembaga kesejahteraan sosial atau dari lembaga berbadan hukum. Selain menerima uang sebesar Rp 600 ribu, penerima BST akan menerima beras sebanyak 10 kg dan akan disalurkan oleh Perum Bulog yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia.

Para penerima meliputi masyarakat yang terkena dampak pandemi. Mereka di antaranya pemilik warung makan, pedagang kaki lima, pengemudi ojek, buruh lepas, buruh harian, karyawan kontrak, dan sebagainya yang tidak bisa bekerja karena pembatasan aktivitas. Untuk program bansos ini, Kemensos telah menyiapkan total 2.010 ton beras. Sebanyak 122 pemerintah kabupaten dan kota mendapatkan masing-masing 3.000 paket beras (per paket seberat 5 kg) dan 6.000 paket (per paket seberat 5 kg) untuk enam ibukota provinsi. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement