Kasus Naik, Amerika Serikat Serukan Lagi Penggunaan Masker di Ruangan

Agustiyanti
30 Juli 2021, 08:24
Amerika Serikat, makser, vaksin Covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Callaghan O'Hare/nz/cf
Ilustrasi. Gedung Putih dengan cepat mengganti panduan penggunaan maskernya dan meminta semua staf dan wartawan untuk mengenakan masker di dalam ruangan.

Pusat Pengendali Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengubah beberapa perdoman penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19 seiring munculnya varian Delta. Salah satunya, merekomendasikan orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 untuk kembali menggunakan masker di dalam ruangan.

Mengutip informasi baru tentang kemampuan varian untuk menyebar di antara orang yang divaksinasi, CDC juga merekomendasikan masker dalam ruangan untuk semua guru, staf, siswa, dan pengunjung di sekolah secara nasional, terlepas dari status vaksinasi.

Dalam perkembangan lain, Presiden Joe Biden mengatakan pemerintahannya sedang mempertimbangkan untuk mewajibkan semua pekerja federal untuk divaksinasi. Komentarnya muncul sehari setelah Departemen Urusan Veteran menjadi lembaga federal pertama yang mewajibkan petugas kesehatannya menerima vaksin.

Biden menepis kekhawatiran bahwa pedoman masker baru ini dapat mengundang kebingungan. "Semakin kita belajar tentang virus ini dan variasi delta, semakin kita harus khawatir dan khawatir. Dan hanya ada satu hal yang kita tahu pasti – jika 100 juta orang lainnya divaksinasi, kita akan berada di dunia yang sangat berbeda," katanya.

Gedung Putih dengan cepat mengganti panduan penggunaan maskernya dan meminta semua staf dan wartawan untuk mengenakan masker di dalam ruangan. Data CDC terbaru menunjukkan bahwa Washington menghadapi tingkat penularan virus corona yang substansial.

Kebijakan masker baru CDC mengikuti keputusan baru-baru ini di Los Angeles dan St. Louis untuk kembali ke mandat penggunaan masker di dalam ruangan di tengah lonjakan infeksi COVID-19. Negara ini rata-rata memiliki lebih dari 57.000 kasus per hari dan 24.000 rawat inap Covid-19.

Panduan tentang masker di tempat umum dalam ruangan berlaku di beberapa bagian AS dengan setidaknya 50 kasus baru per 100.000 orang dalam seminggu terakhir. Itu termasuk 60% wilayah AS.

Tingkat kasus baru sangat tinggi di Selatan dan Barat Daya, menurut pelacak CDC. Di Arkansas, Louisiana dan Florida, setiap daerah memiliki tingkat penularan yang tinggi.

Sebagian besar infeksi baru di AS terus terjadi di antara orang yang tidak divaksinasi. Penyebaran varian Delta menyebabkan infeksi terobosan, yang umumnya menyebabkan penyakit yang lebih ringan, dapat terjadi pada orang yang divaksinasi.

Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky mengatakan, ini berbeda dengan jenis virus sebelumnya mendominasi. Pada varian sebelumnya, orang yang divaksinasi yang terinfeksi ditemukan memiliki tingkat virus yang rendah dan dianggap tidak mungkin menyebarkan virus lebih banyak.

Pada varian Delta, menurut Walensky, tingkat virus pada orang yang divaksinasi yang terinfeksi “tidak dapat dibedakan” dari tingkat virus di hidung dan tenggorokan orang yang tidak divaksinasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...