Peta Jalan Prokes untuk Konser hingga Transportasi Berbasis Aplikasi

Rizky Alika
23 Agustus 2021, 21:42
protokol kesehatan, roadmap prokes, prokes, covid-19, prokes konser musik, jokowi,
ANTARA FOTO/Aji Styawan/foc.
Penonton menyaksikan dari atap mobil terbuka pada konser musik bertajuk Mahkota Charity Concert Drive-In di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (29/7/2020).

Presiden Joko Widodo telah meminta pembuatan roadmap atau peta jalan protokol kesehatan hidup bersama Covid-19. Pemerintah  pun menyiapkan protokol kesehatan di berbagai sektor, beberapa di antaranya adalah menonton konser hingga transportasi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan protokol kesehatan yang akan dirancang meliputi sektor perdagangan modern dan tradisional; sektor transportasi darat, laut, dan udara; sektor industri dan perkantoran; sektor pariwisata, baik pertandingan sepak bola, konser musik, kuliner, dan restoran.

"Kami sudah kerja sama dengan beberapa asosiasi, beberapa perkumpulan untuk mulai menyusun protokol kesehatan berbasis teknologi informasi," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (23/8).

Kemudian, protokol kesehatan di sektor pendidikan, baik SD, SMP, SMA, universitas; serta sektor keagamaan untuk hari raya besar dan ritual ibadah setiap minggu.

Nantinya, pemerintah akan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melaksanakan protokol kesehatan berbasis teknologi informasi. Protokol kesehatan itu akan dibuka di masing-masing kta secara bertahap.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu mengatakan, protokol kesehatan itu disiapkan agar bisa hidup bersama virus corona hingga status pandemi menjadi epidemi. "Kita bisa hidup bersama epidemi dengan seimbangkan sisi kesehatan dan sisi aktivitas ekonomi," ujar dia.

Meski begitu, pemerintah akan meningkatkan pengetesan dan pelacakan kontak erat. Pengetesan pun akan dilakukan secara terarah, yaitu dengan mengetes kontak erat yang bergejala virus corona. "Bukan semua orang dites karena mau aktivitas tertentu," kata Budi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...