Memahami Arti Passion dan Perbedaannya dengan Hobi

Dwi Latifatul Fajri
5 Januari 2022, 14:57
Passion
pixabay.com/StockSnap
contoh passion

Passion sering muncul dalam pembahasan diskusi, podcast, dan video online. Passion berkaitan dengan pekerjaan yang bisa dilakukan secara maksimal. Lalu apakah passion itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), passion artinya yaitu kegemaran, gairah, keinginan yang besar, semangat, emosi, kemarahan, dan kecemasan.

Advertisement

Sedangkan dictionary.com, mengartikan kata passion menjadi beberapa bagian, antara lain:

  1. Passion adalah perasaan atau emosi yang kuat.
  2. Passion sendiri bisa diartikan sebagai cinta atau benci.
  3. Arti passion yaitu sebuah keinginan atau perasaan yang kuat.
  4. Passion bisa diartikan sebagai seseorang yang merasakan cinta dan hasrat, kesukaan, antusiasme, atau keinginan yang kuat.

Dari penjelasan diatas, menjelaskan passion adalah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu, yang dilakukan secara antusias. Passion bisa berarti motivasi bertemu dengan emosi dan sama-sama kuat.

Contoh Passion

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang bisa menemukan passion jika dilakukan secara terus menerus. Contoh passion yaitu berlatih alat musik, latihan sepakbola, dan menyukai menulis, dan masih banyak lagi.

Mengutip dari smadwiwarna.sch.id, berikut cara mengenali passion:

  • Adanya emosi yang dalam

Seseorang punya keinginan untuk melakukan sesuatu, karena merasakan adanya hasrat dan ikatan emosional.

  • Perasaan yang kuat akan sesuatu

Ketika seseorang merasakan keinginan yang kuat akan sesuatu, dia bisa merasakannya. Perasaan ini menandakan seseorang merasa ada yang kurang jika tidak melakukannya. Contohnya, kamu merasa sangat sedih ketika tidak berlatih piano sesuai jadwal.

  • Terpicu antusias dan hasrat

Passion membuat seseorang semangat untuk mengejar apa yang mereka inginkan. Meski, beberapa akan merasa gagal berkali-kali, namun mereka tetap antusias untuk menyelesaikannya.

Dorongan antusiasme dan hasrat ini untuk mewujudkan keinginan passion. Contohnya kamu tak bosan berlatih setiap hari mengikuti les menari, untuk mendapatkan juara.

Perbedaan Passion dan Hobi

Jika kalian melihat, sekilas passion dan hobi hampir sama. Namun, kedua istilah ini bisa berbeda jika kalian telusuri.

Hobi adalah aktivitas yang dilakukan secara terus-menerus dan disukai. Namun, hobi belum tentu memberi dampak positif seperti passion. Contoh hobi bisa berbagai macam seperti hobi belanja, hobi mengumpulkan mainan, dan hobi bermain games.

Dari contoh diatas, hobi bisa memberi dampak positif atau negatif. Contohnya saja hobi belanja bisa menghabiskan uang demi kesenangan pribadi. Kecuali, jika hobi tersebut dimanfaatkan pada hal yang berguna. Contohnya ibu kalian berbelanja baju banyak kemudian dijual kembali.

Kegiatan tersebut hampir sama, tetapi contoh diatas menghasilkan sesuatu yang berbeda. Berbelanja kemudian dijual kembali menghasilkan suatu yang berguna. Dari contoh itu, passion bisa menjelaskan sebagai nilai yang menghasilkan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement