Dropshipper adalah Pemasar, Ini Tugas, Cara Kerja, dan Keuntungannya

Image title
18 Januari 2022, 11:03
Ilustrasi dropshipper. Dropshipper adalah pemasar yang menghubungkan konsumen dan pemasok.
Unsplash/NordWood Themes
Ilustrasi dropshipper

Proses jual beli terus berkembang seiring kebutuhan manusia. Jika pada perdagangan konvensional hanya terdapat penjual dan pembeli, di era modern ini terdapat bentuk bisnis baru yang dinamakan dropshipping.

Dropshipping adalah suatu bisnis penjualan produk yang dapat dilakukan tanpa harus memiliki produk apapun. Pelaksanaan dropshipping dilakukan oleh dropshipper sebagai perantara dan penanggung jawab.

Advertisement

Dropshipper adalah pemasar yang menghubungkan konsumen dan pemasok. Dropshipper melakukan proses jual beli tanpa membeli barang dari pemasok. Tugas dropshipper adalah promosi kepada konsumen yang menjadi prospeknya.

Dropshipper akan menerima keuntungan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak saat perjanjian dibuat. Dalam pelaksanaannya, dropshipper menawarkan diri sebagai wakil sekaligus meminta izin untuk melakukan dropshipping.

Tugas Dropshipper

Tugas dropshipper adalah memasarkan produk pemasok dengan cara yang paling unik dan menarik. Saat ada pemesanan dan pembelian, seorang dropshipper akan meneruskan order tersebut kepada pemasok untuk diproses dan dikirim ke konsumen.

Dropshipper menjual barang dengan harga yang ditetapkan sendiri. Jadi, keuntungan dropshipper berasal dari selisih uang yang diterima dari pembeli dengan jumlah uang yang dibayarkan kepada pemasok.

Cara Kerja Dropshipper

Sebagai penghubung antara konsumen dan produsen, dropshipper bekerja dengan cara mempromosikan barang agar menjangkau banyak orang. Cara kerja dropshipper diawali kerja sama dengan produsen. Ketika tercapai kesepakatan, produsen akan memasok produk.

Pemasaran produk dapat dilakukan secara daring, terutama menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan oleh dropshipper harus lebih tinggi agar menguntungkan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement