Menkes Akan Jalankan 6 Pembenahan Sektor Kesehatan, Termasuk Jumlah RS

Ameidyo Daud Nasution
10 Februari 2022, 08:36
kesehatan, covid-19, g20
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/tom.
Sejumlah pasien menunggu hasil pemeriksaan COVID-19 di IGD RSUD Depok, Jawa Barat, Jumat (4/2/2022).

Pemerintah tengah membenahi sektor kesehatan yang saat ini dihantam Covid-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada enam pembenahan yang dilakukan agar masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik.

Dalam pertemuan sektor kesehatan G20 dengan tajuk ‘Mewujudkan Pemulihan Inklusif dari Pandemi Covid-19’, Rabu (9/2) malam, Budi mengatakan hal pertama adalah perubahan pada layanan primer dengan edukasi masyarakat untuk hidup sehat serta imunisasi.  Sedangkan pencegahan sekunder meliputi skrining penyakit mematikan hingga meningkatkan kapasitas serta mutu layanan kesehatan.

Transformasi kedua adalah pembenahan pada layanan fasilitas kesehatan rujukan. Budi mengatakan Indonesia saat ini menghadapi persoalan terbatasnya jumlah rumah sakit meski tenaga dokter masih mencukupi.

“Kami tidak memiliki cukup rumah sakit, di mana orang dengan penyakit kritis seperti stroke dan jantung,” kata Budi seperti dikutip dari Antara, Kamis (10/2).

Transformasi ketiga, membenahi ketahanan kesehatan agar masyarakat mendapatkan diagnosis serta membangun sistem surveilans agar mampu mendeteksi cepat potensi wabah. Perubahan keempat adalah reformasi pembiayaan layanan kesehatan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...