Kemenkes: 66% Korban Meninggal Covid-19 Belum Divaksin

Rezza Aji Pratama
13 Februari 2022, 21:14
Covid-19
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/rwa.
Petugas medis memeriksa riwayat kesehatan warga sebelum menerima vaksin COVID-19 di Dinas Kesehatan Karawang, Jawa Barat, Jumat (11/2/2022).

Kementerian Kesehatan menyebut pasien yang memiliki komorbiditas dan belum mendapat vaksinasi lengkap menjadi korban terbesar Covid-19. 

Data Kemenkes pada periode 21 Januari hingga 8 Februari 2022 menunjukkan dari 487 pasien Covid-19 yang meninggal, 66% di antaranya belum divaksinasi lengkap. Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah terus berjuang untuk mencegah lebih banyak korban dengan mendorong vaksinasi. 

“Vaksinasi, terutama bagi lansia, orang yang memiliki komorbid, dan anak-anak harus dipercepat dan diperluas,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (13/2). 

Nadia menegaskan vaksinasi terbukti secara ilmiah mampu mengurangi risiko kesakitan dan kematian akibat terinfeksi Covid-19. Hingga saat ini vaksin yang digunakan di Indonesia masih memiliki efektivitas yang baik untuk memproduksi antibodi bagi varian Covid-19 apapun termasuk Omicron.

Di sisi lain, pemerintah juga memastikan ketersediaan oksigen dan tenaga kesehatan masih mencukupi guna mengantisipasi peningkatan kasus penularan Covid-19. Nadia mengatakan guna memenuhi kebutuhan oksigen di dalam negeri, Kemenkes berkolaborasi dengan pihak swasta dan pemerintah negara lain untuk menyebarkan 18.000 oksigen konsentrator ke 34 provinsi. Pemerintah juga tengah membangun 36 generator oksigen, di mana 20 di antaranya sudah terpasang.

Sementara itu, pengaturan sumber daya manusia (SDM) juga terus dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan tenaga kesehatan.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...