Kalimat Opini Adalah: Ciri dan Contohnya

Image title
16 Februari 2022, 13:40
kalimat opini adalah
ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj.
Guru membimbing siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di ruang kelas Sekolah Dasar Negeri 153 Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (8/2/2022). Kenaikan angka kasus temuan COVID-19 telah mendorong Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan setempat kembali memberlakukan pengurangan PTM dari sebelumnya tiga hari menjadi dua hari sepekan. ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj.

Saat ini, setiap manusia bisa dengan mudah memperoleh berbagai informasi. Ragam informasi, mulai dari yang menyenangkan sampai menyedihkan tersaji di depan mata lewat berbagai media, baik cetak maupun internet.

Beberapa informasi tersebut, tidak melulu berupa fakta, melainkan tak jarang berupa kalimat opini. Kalimat opini adalah pernyataan berupa pendapat seseorang yang belum jelas kebenarannya.

Advertisement

Oleh karena itu, penting untuk bisa memilah informasi berupa fakta dan mana informasi berupa opini. Tapi, apakah sebenarnya yang dimaksud fakta dan opini?

Mengutip buku Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku oleh Tatang dkk, fakta adalah pernyataan yang menyatakan kebenaran. Sedangkan, opini adalah pernyataan yang merupakan pendapat pribadi.

Pada artikel kali ini akan dibahas lebih mendalam terkait kalimat opini beserta contohnya.

Pengertian Kalimat Opini

Opini berasal dari kata serapan asing yaitu ‘opinion’ yang berarti tanggapan atau jawaban terbuka terkait persoalan yang dinyatakan dalam bentuk lisan dan tulisan. Opini bisa berupa tindakan, tanggapan, perilaku, dan sikap.

Mengutip jurnal Kemampuan Menentukan Kalimat Fakta Dan Opini dalam Majalah Suara Muhammadiyah, kalimat opini adalah pendapat seseorang yang belum jelas kebenarannya. Informasi yang diterima berupa pendapat pikiran, dan sudut pandang dari penulis atau pembicara.

Kalimat opini adalah sebuah ide, pendapat, pemikiran terhadap sudut pandang tertentu yang sifatnya subjektif. Pemikiran subjektif dalam kalimat opini ini, karena fakta belum dipastikan kebenarannya. Dalam teks editorial, opini menjadi tanggapan, pendapat, dan sikap penulis terhadap peristiwa atau isu yang sedang dibahas.

Ciri-ciri Kalimat Opini

Kalimat opini adalah kalimat yang mengandung ciri-ciri, di antaranya:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement