Aktiva Adalah Kepemilikan Aset, Pahami Sifat dan Jenisnya

Image title
16 Februari 2022, 13:29
Aktiva adalah kepemilikan aset, harta, dan kekayaan yang menunjang operasional suatu perusahaan.
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Aktiva adalah kepemilikan aset, harta, dan kekayaan yang menunjang operasional suatu perusahaan.

Dalam dunia bisnis sering digunakan beberapa istilah akuntansi, salah satunya aktiva. Istilah yang satu ini merujuk pada kekayaan suatu perusahaan.

Apa itu Aktiva?

Aktiva adalah kepemilikan aset, harta, dan kekayaan yang menunjang operasional suatu perusahaan serta dapat ditukar dalam bentuk uang tunai. Semua aset perusahaan merujuk pada sumber daya, fisik maupun nonfisik, yang diperoleh melalui transaksional dan timbul dari aktivitas masa lalu.

Aktiva juga bisa diartikan sebagai kekayaan suatu badan usaha berupa hak atau benda yang dikuasai dan telah diperoleh perusahaan melalui kegiatan atau transaksi di masa lalu yang harus bisa diukur dengan satuan mata uang.

Kedua pengertian di atas menyimpulkan bahwa aktiva adalah sumber daya yang bisa digunakan untuk menjalankan berbagai kegiatan, seperti operasional, pembiayaan, sampai investasi.

Sifat-sifat Aktiva

Mengutip ocbcnisp.com, ada beberapa sifat yang dimiliki oleh aktiva, yaitu:

  • Mempunyai bentuk fisik maupun nonfisik

Aktiva bentuk fisik biasanya digunakan untuk kegiatan operasional, seperti mesin, inventaris, properti, kas, dan sebagainya. Sedangkan, aktiva nonfisik contohnyanya seperti kekayaan intelektual, hak sewa, royalti, dan sejenisnya.

  • Diperoleh dari kegiatan di masa lampau

Aktiva didapat dari aktivitas masa lalu. Terkumpulnya aktiva biasanya karena penambahan profit, hibah, dan sebagainya.

  • Dikuasai suatu perusahaan

Aktiva dimiliki dan atau dikuasai oleh suatu perusahaan agar menghasilkan nilai lebih tinggi.

  • Mendatangkan manfaat

Aktiva wajib memiliki sifat produktif atau mampu menambah kas dan mengurangi utang. Di samping itu, aktiva bisa menghasilkan barang dan jasa, memenuhi keperluan bisnis, melunasi kewajiban perusahaan, dan bisa ditukar dengan bentuk aktiva lain.

  • Bisa dipinjamkan

Aktiva bersifat bisa dipinjamkan kepada pihak lain. Kekayaan ini dapat dipindahtangankan tanpa menghilangkan status kepemilikan dari perusahaan pemilik.

Jenis-jenis Aktiva

Meneruskan jurnal yang diakses melalui laman repository.unpas.ac.id, suatu perusahaan pada umumnya memiliki dua jenis aktiva, yaitu aktiva lancar dan aktiva tetap. Keduanya akan membentuk struktur aktiva perusahaan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...