Pasar Oligopoli Adalah Persaingan Tak Sempurna, Ini Ciri dan Contohnya

Image title
21 Februari 2022, 15:17
Pasar oligopoli adalah situasi pasar dengan sejumlah kecil perusahaan melakukan kegiatan penjualan serta mengendalikan penawaran barang dan /atau jasa tertentu.
rawpixel.com
Pasar oligopoli adalah situasi pasar dengan sejumlah kecil perusahaan melakukan kegiatan penjualan serta mengendalikan penawaran barang dan /atau jasa tertentu.

Dalam ilmu ekonomi, dikenal istilah struktur pasar yang dapat memengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar, seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi.

Struktur pasar di suatu negara dapat bergerak mulai dari struktur pasar persaingan sempurna sampai struktur pasar persaingan tidak sempurna.

Dalam pasar persaingan tidak sempurna, penjual atau pedagang lebih sedikit ketimbang pembeli. Pasar ini tercipta ketika pasar persaingan sempurna tidak berjalan dengan baik.

Walau berjumlah sedikit, penjual di pasar persaingan tidak sempurna berhak atas penjualan produk tertentu dan hanya mereka yang boleh atau mampu menjual produk dengan jumlah terbatas.

Dalam artikel kali ini, akan dibahas lebih lanjut tentang salah satu bentuk pasar persaiangan tidak sempurna, yaitu pasar oligopoli.

Pasar Oligopoli Adalah

Mengutip buku "Ekonomi (2013)" oleh Alam S. pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Jumlah perusahaan pada pasar oligopoli umumnya lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Contohnya, pasar semen yang dipasok perusahaan Semen Indocement, Semen Padang, Semen Tonasa, Holcim Indonesia, dan Semen Gresik. Jika pasar hanya dipasok oleh dua perusahaan, maka pasar tersebut disebut pasar duopoli.

Sementara itu, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pasar oligopoli adalah situasi pasar dengan sejumlah kecil perusahaan melakukan kegiatan penjualan barang dan /atau jasa tertentu, mengendalikan penawaran pasar dan barang dan/atau jasa tertentu tersebut.

Dalam pasar oligopoli hanya ada beberapa produsen atau penjual dengan banyak pembeli di pasar. Praktik ini biasa dilakukan untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk ke dalam pasar.

Oligopoli merupakan bentuk usaha yang menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual yang terbatas. Alhasil, kompetisi harga di antara pelaku usaha yang melakukan praktik oligopoli menjadi tidak ada.

Secara umum, bentuk pasar persaingan tidak sempurna ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Oligopoli murni: barang yang diperjualbelikan bersifat identik, seperti semen dan air mineral.
  • Oligopoli terdiferensiasi: adalah pasar dengan barang yang homogen tapi dapat dibedakan. Misalnya, sabun, laptop dan sepeda motor.

Ciri-ciri Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...